Gempa Guncang Pulau Morotai

Seismograf, alat pencatat pergerakan gempa bumi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rudi Mulya

VIVA.co.id – Dua gempa bumi dangkal mengguncang Pesisir Barat, Lampung dan Pulau Morotai Maluku Utara. Secara beruntun, gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu terjadi Selasa, 7 Maret dan Rabu, 8 Maret 2017.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Mengutip dari laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa bumi pertama terjadi di Pesisir Barat, Lampung pada Selasa, 7 Maret sekira pukul 22.45 WIB.

Gempa ini berkekuatan 5,5 skala Richter dan terjadi di laut dengan jarak 249 kilometer barat daya Pesisir Barat, Lampung. Gempa tidak berpotensi tsunami.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Gempa berikutnya terjadi Pulau Morotai Maluku Utara dengan kedalaman 10 kilometer, berkekuatan 5,4 skala Richter. Pusat gempa tercatat di jarak 13 kilometer timur laut Pulau Morotai dan tidak berpotensi tsunami.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Sejauh ini, belum ada laporan dampak dari gempa yang terjadi pada pukul 08.38 WIB tersebut.

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024