Polda Jateng Jamin Seleksi Penerimaan Polisi Bebas Pungli

Pengucapan dan penandatangan sumpah serta pakta integritas seleksi penerimaan anggota Polri dalam program Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana Polda Jateng tahun 2017 di Semarang.
Sumber :
  • Dokumentasi Polda Jateng

VIVA.co.id - Kepolisian Daerah Jawa Tengah menjamin penerimaan anggota Polri melalui seleksi Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 2017 berlangsung terbuka. Panitia seleksi memastikan tidak ada praktik pungutan liar atau pungli serta kecurangan.

Viral Pungli di Trotoar Depan Gedung DPR, Heru Budi: Sudah Ditertibkan

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Jateng, Komisaris Besar Polisi Edy Murbowo mengatakan, target seleksi siswa SIPSS terangkum dalam sistem Clear & Clean. Prinsip penerimaannya bersih, transparan, akuntabel, dan humanis.

"Sistem penerimaannya One Day Service; hasil dapat diketahui langsung oleh peserta pada hari itu juga setelah selesai pelaksanaan tes," kata Edy di Semarang pada Rabu, 8 Maret 2017.

Waduh, Polda Jateng Amankan 1.904 Pelaku Perzinahan Selama Ramadhan

Sejak awal seleksi, Edy menjamin perekrutan dengan standar bersih dan terhindar praktik pungli. Komitmen itu ditunjukkan dengan melibatkan secara aktif pengawas internal maupun eksternal dalam pengawasan dan pengendalian.

"Karena untuk menjadi anggota Polri, seseorang dipersyaratkan mengikuti dan lulus serangkaian tes yang digelar terbuka. Kami jamin tidak ada pungutan biaya karena semuanya gratis," kata Edy.

Dewas Jatuhi Sanksi Berat untuk Tiga 'Bos' Pungli Rutan KPK, Sekaligus Minta Maaf Secara Terbuka

Polda Jateng meminta masyarakat melaporkan jika menemukan atau mengetahui pelanggaran selama proses SIPSS. Polda tidak menoleransi penyimpangan berbentuk apa pun dalam proses seleksi. 

"Setiap pelanggaran pasti kita beri sanksi tegas. Itu berlaku bagi peserta maupun panitia yang melakukan kecurangan," ujarnya. 

Pakta integritas

Jumlah pendaftar SIPSS 2017 di Polda Jateng sebanyak 202 siswa. Namun setelah menjalani serangkaian seleksi--tes kesehatan I, tes psikologi, dan tes kesehatan II--tersisa 71 peserta. Rangkaian seleksi digelar 2 Maret hingga 12 Maret 2017.

Polda Jateng Jamin Seleksi Penerimaan Polisi Bebas Pungli

Pengucapan dan penandatangan sumpah serta pakta integritas seleksi penerimaan anggota Polri dalam program Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana Polda Jateng tahun 2017 di Semarang. (Dokumentasi Polda Jateng)

Agar komitmen Clear & Clean berjalan baik, seluruh peserta meneken pakta integritas untuk patuh pada ketentuan berlaku selama proses seleksi. Pakta integritas yang disepakati berisi komitmen pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme serta menumbukan sikap keterbukaan dan kejujuran.

Pada Minggu, 12 Maret 2017, seluruh peserta dan panitia seleksi SPISS 2017 menjalani kegiatan aksi 123 Clear & Clean sebagai aksi komitmen rekrutmen penerimaan anggota Polri. Aksi itu digelar bersamaan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) di kawasan Simpang Lima Semarang. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya