Dalam 17 Bulan Pemerintah RI Janji Siapkan Asian Games

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ D. A. Pitaloka

VIVA.co.id – Pemerintah Republik Indonesia berjanji akan semakin serius mempersiapkan penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018 di Jakarta dan Palembang. Janji itu disampaikan terkait semakin mepetnya waktu penyelenggaraan pesta olahraga terbesar antar-bangsa-bangsa se-Benua Asia itu.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, waktu persiapan penyelenggaraan Asian Games saat ini hanya tersisa 17 bulan. Asian Games sendiri, akan dilaksanakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

"Dalam waktu yang tinggal 17 bulan ini memang kita harus lebih serius menjalankan apa yang menjadi penugasan. Karena, Asian Games yang pertama di Indonesia itu dilakukan pada tahun 1962. Dan, setelah 55 tahun, baru dilakukan lagi di Indonesia," ujar Puan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 7 Maret 2017.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Adapun, keseriusan ditunjukkan dengan semakin dipercepatnya pembangunan dan renovasi arena-arena bertanding serta prasarana pendukung acara di Jakarta dan Palembang. Puan memastikan bahwa berdasarkan laporan dari setiap pekerjaan, pengerjaan setiap infrastruktur saat ini masih berjalan sesuai rencana.

"Sudah dibahas juga dalam ratas (rapat terbatas). Insya Allah sedang berjalan sesuai framing-nya," ujar Puan.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Sementara, Puan mengatakan, tanggung jawab teknis penyelenggaraan acara ada di Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc). Puan mengatakan, kedua lembaga terus berkoordinasi dengan pemerintah untuk memastikan Asian Games terselenggara dengan baik.

Selain itu, Puan mengatakan, pemerintah selanjutnya akan secara rutin menggelar evaluasi persiapan Asian Games setiap bulan. Evaluasi itu, melibatkan setiap lembaga yang memiliki tanggung jawab dan dilaksanakan secara bergiliran di kantor-kantor lembaga itu selama 17 bulan. Adapun, lembaga-lembaga tersebut di antaranya Kementerian PMK, Kementerian Pemuda dan Olahraga, hingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Jadi saya harapkan semua orang bergotong royong yang serius untuk pelaksanaan Asian Games. Insya Allah nantinya akan membawa Indonesia go international di bidang olahraga," ujar Puan. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya