TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Mendagri Inspeksi Mendadak Kantor Ridwan Kamil

Kemendagri akan menyosialisasikan proyek percontohan smart city.
Mendagri Inspeksi Mendadak Kantor Ridwan Kamil
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (kanan), bersama Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, pada Senin, 6 Maret 2017. (VIVA.co.id/Adi Suparman)

VIVA.co.id - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menginspeksi mendadak (sidak) kantor Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, pada Senin siang, 6 Maret 2017. Menteri langsung masuk ke ruangan Command Center didampingi Ridwan Kamil.

Setelah sidak, Menteri mengakui banyak inovasi baik yang dibuat Pemerintah Kota Bandung dan layak diterapkan di daerah-daerah lain.

"Kami diam-diam berkunjung di kantornya Pak Wali Kota, dengan smart city-nya (konsep kota cerdas dengan pemanfaatan teknologi), banyak inovasinya. Saya kira menjadikan Kota Bandung ini kota percontohan," katanya.

Menurutnya, program infrastruktur ekonomi dan sosial serta memudahkan masyarakat dalam segala pelayanan yang diterapkan Bandung patut dicontoh daerah lain. Dia mengamati langsung pengoperasian penataan kota, pengelolaan infrastruktur ekonomi dan sosial, permasalahan kemiskinan, dan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Selain program, ratusan aplikasi smart city Pemerintah Kota Bandung akan disosialisasikan ke daerah lain. Bahkan, Kementerian Dalam Negeri mengupayakan daerah lain untuk menjadi percontohan.

"Punya empat ratusan desain untuk aplikasinya. Kita akan sampaikan ke semua daerah untuk bisa mencontoh seperti Bandung, Surabaya, Banyuwangi, Denpasar," katanya.

Langkah proyek percontohan itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas pembangunan daerah yang masih tertinggal. "Ini bisa dikembangkan. Saya kira bisa menumbuhkan pertumbuhan daerah dengan baik," kata Tjahjo.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP