Mendagri: Ada Kemungkinan Sumarsono Jabat Lagi Plt Gubernur

Mendagri Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • Dian Tami - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan, ada kemungkinan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono ditunjuk kembali menjadi Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta.

Hasto: Ahok Belum Terdaftar Jadi Kader PDI Perjuangan

"Ada kemungkinan, (Sumarsono ditunjuk Plt Gubernur DKI," kata Tjahjo di Institut Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri, Jatinangor, Jawa Barat, Senin 6 Maret 2017.

Tjahjo menjelaskan, tidak hanya Sumarsono, tetapi Kemendagri juga mempertimbangkan nama-nama lain. Namun, ia tak bisa menyebut nama, karena dia belum menandatangani surat keputusan (SK) Plt Gubernur DKI.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Sebelum neken SK-nya, saya belum berani memutuskan. Masih ada beberapa nama," ujarnya.

Terkait waktu pelantikan Plt Gubernur DKI, ia mengungkapkan, akan dilakukan di Balai Kota sore ini.

Djarot: Ahok Minta Pendukungnya Tak Golput

"Kita belum tahu siapa. (Pelantikan) nanti sore jam lima, tempatnya di Balai Kota DKI. Tidak di Kemendagri," sebut politikus PDIP itu.

Dijelaskan Tjahjo, pihak Kemendagri sudah berkomunikasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah DKI dan KPU. Terkait ini, sudah ada surat resmi yang mengatur kampanye di putaran dua Pilkada DKI.

"Jadi, Kemendagri berpegang pada undang-undang yang mana calon petahana harus cuti kampanye," ujar Tjahjo

Seperti diketahui, petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat mulai cuti kampanye putaran dua Pilkada DKI pada Selasa  besok, 7 Maret 2017. Menyesuaikan jadwal KPU DKI, maka Ahok-Djarot akan cuti sampai 15 April 2017 mendatang.

Adapun Sumarsono sebelumnya ditunjuk menjadi Plt Gubernur DKI, saat petahana Ahok-Djarot cuti selama 3,5 bulan di putaran pertama Pemilihan Gubernur DKI. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya