Lima Kabupaten di Riau Terendam Banjir

Warga melihat kondisi jalan lintas Provinsi Riau dan Sumatera Barat yang putus akibat banjir di Desa Tanjung Balit, Sumatera Barat, Jumat (3/3).
Sumber :
  • ANTARA/Rony Muharrman

VIVA.co.id – Akibat curah hujan yang tinggi ditambah dengan dibukanya pintu air waduk PLTA Koto Panjang, sebanyak lima kabupaten di Riau kini terendam banjir. Akibatnya, sebagian warga terpaksa diungsikan bahkan kini telah tercatat memakan satu korban jiwa.

Jokowi Turun Langsung ke Demak Cek Perbaikan Tanggul yang Jebol

"Ya, korban meninggal dunia satu orang di Kabupaten Pelalawan," kata Kepala Dinas Sosial Riau, Syariffun AR, Sabtu 4 Maret 2017.

Menurut data yang dirilis oleh Dinas Sosial, hingga Sabtu hari ini sudah sebanyak 2.467 rumah warga yang terendam banjir. Selain itu, sebanyak 468 warga di Kabupaten Kuansing terpaksa juga harus diungsikan.

Anies Baswedan Kunjungi Korban Banjir di Sumatera Barat

Sementara itu, elevasi air di waduk PLTA kini juga semakin tinggi. Karena itu, pihak pegelola terpaksa melakukan penambahan pembukaan pintu air waduk. Menurut Manajer SDM dan Umum PT PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Dwi Suryo Abdullah, elevasi air waduk PLTA mencapai 82.58 mdpl.

"Akan ada penambahan spillway waduk. Konsekuensinya ketinggian air pada sisi hilir akan naik berkisar 60 hingga 110 cm," kata Dwi.

Anak Buah Letkol Kunto Suplay Logistik untuk Korban Banjir di Musi Rawas Utara

Untuk itu, Dwi meminta masyarakat Riau terutama di bagian hilir untuk lebih waspada.

Presiden Jokowi bertolak ke Jakarta usai mengunjungi banjir Demak

Banjir Demak Mulai Surut, Jokowi Kembali ke Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali ke Jakarta usai meninjau posko pengungsian warga terdampak banjir di Demak, Jawa Tengah

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024