TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Kunjungan Raja Arab Jangan Diukur soal Investasi Saja

Menurut JK, banyak makna dari kunjungan Raja Salman ke Indonesia.
Kunjungan Raja Arab Jangan Diukur soal Investasi Saja
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz al-Saud, saat bertemu para ulama dan cendekiawan Islam Indonesia di Istana Negara, 2 Maret 2017. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud ke Indonesia, tidak selalu dikait-kaitkan dengan investasi saja. Hal ini diungkapkan JK guna menanggapi kritikan yang menganggap kunjungan Raja Salman tak memberi banyak nilai investasi untuk Indonesia.

"Kunjungan ini tidak hanya diukur dengan investasi. Kunjungan ini mempunyai makna persahabatan, mempunyai makna sosial, dan keagamaan," kata Jusuf Kalla, di VVIP Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Sabtu, 4 Maret 2017.

Walau investasi tetap menjadi tujuan yang diinginkan, menurut Kalla, tidak langsung dilakukan dalam kunjungan kali ini. Menurut JK akan ada tindak lanjut melalui kementerian-kementerian terkait yang akan melaksanakan lebih teknis.

Hal yang ingin dicapai pemerintah Indonesia, juga dengan mengubah perspektif masyarakat Arab Saudi tentang Indonesia. Yang selama ini menganggap Indonesia adalah negara miskin.

"Setelah rakyat Saudi melihat, ternyata Indonesia tidak seperti dibayangkan. Jangan lupa, umumnya orang Saudi itu membayangkan kita itu negara terbelakang, karena yang ke sana hanya TKI. Jadi dipikir seperti negeri TKI lah kita ini," ujar Kalla.

Padahal sebenarnya, Indonesia seperti Jakarta, tidak kalah dengan Singapura maupun Kuala Lumpur. Meski diakuinya, ada kawasan-kawasan kumuh. Tapi untuk perkembangan negara, juga tidak kalah dengan yang di Arab Saudi.

"Gedung-gedung tinggi itu lebih banyak di sini dari pada Riyadh atau Jeddah. Jadi kita ingin mengubah dulu persepsi, image-nya bahwa Indonesia ini negara yang maju, sehingga jangan ukur semua berapa-berapa (investasi), jangan. Karena itu jangka panjang," tuturnya. (ase)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP