Medsos Pria Penghina Jokowi Penuh Kebencian

ilustrasi cyber crime
Sumber :
  • issa-eg.org

VIVA.co.id – Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri telah menangkap Ropi Yatsman (36 tahun) di Jalan Raya Padang, Bukittinggi, Sumatera Barat pada Senin 27 Februari 2017 lalu. Ia ditangkap karena dianggap telah menyebarkan hate speech lewat media sosial.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Tak hanya itu, Ropi juga ditangkap karena telah mengedit foto-foto orang-orang penting di Indonesia, termasuk Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan mengunggah di akun facebooknya.

Namun, menurut Kombes Fadil Imran, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim, penangkapan Ropi Yatsman bukan hanya semata-mata telah mengedit foto Presiden Jokowi. Menurut Kombes Fadil, Ropi ditangkap karena konten facebooknya memang benar-benar banyak menyebarkan kebencian.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Jadi lebih karena kontennya banyak yang negatif, berisi kebencian dan berbau SARA. Jadi fokusnya memang ke konten-kontennya yang penuh hasutan," kata Fadil Imran saat dihubungi VIVA.co.id, Sabtu, 4 Maret 2017.

Tersangka sendiri ditangkap di sebuah ruko perusahaan ekspedisi tempatnya bekerja di Jalan Raya Padang, Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Dalam penangkapan itu, polisi menyita sejumlah barang bukti diantaranya KTP tersangka, 1 handphone Blackberry 8520 berwarna hitam, 1 handphone merek Asus Z00UD hitam, dan 1 CPU Simbadda hitam.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Tersangka dijerat dengan UU No 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) No 11 Tahun 2008 dan/atau dengan Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1 UU No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 207 KUHP dan/atau Pasal 208 KUHP dan/atau Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 311 KUHP. (ase)

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021