Kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia

Liburan di Bali, Raja Salman akan Kunjungi Ubud

Persiapan Pengamanan Kunjungan Raja Salman di Bali.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis al-Saud, akan berlibur di Bali selama beberapa hari akhir pekan ini. Ia bersama rombongan akan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Sabtu sore pukul 17.45 WITA.

Raja Salman Sukses Jalani Operasi Kantung Empedu

Rencananya, Raja Salman akan berlibur selama lima hari di Bali. Selama di Bali, ia dikabarkan akan mengunjungi beberapa objek wisata. Salah satunya adalah destinasi wisata di kawasan Ubud, Gianyar.

Kapolres Gianyar, Ajun Komisaris Besar Waluya, membenarkan bahwa Raja Salman dan rombongan akan berlibur ke wilayah hukum yang di bawahinya itu. Hanya saja, Waluya belum tahu persis destinasi yang akan dikunjungi orang nomor satu di Jazirah Arab tersebut.

Bergaya Tradisional Bali, Artis-artis Puji Agnez Mo: Cantik Amat Sih

"Yang kita tahu memang Raja Salman akan ke Ubud. Cuma ke Ubud mananya, kita belum tahu. Cuma kalau dari kami untuk kawasan wisata seperti Monkey Forest, Ceking dan lainnya, kita sudah ada SOP pengamanan. Pola rute tiap objek wisata juga sudah kita siapkan semua," kata Waluya saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat 3 Maret 2017.

Ia mengaku telah melakukan sejumlah pengamanan. Salah satunya adalah meningkatkan kegiatan rutin seperti inspeksi mendadak atas penduduk pendatang, sweeping dan razia. Selain itu, Waluya mengaku telah berkoordinasi dengan intansi terkait untuk pengamanan Raja Salman.

Video Vanessa Angel Minta Diayun Bikin Heboh

"Kegiatan rutin seperti sidak penduduk pendatang, kita sweeping, kita gelar razia, kita tingkatkan lagi intensitasnya siang ataupun malam. Kita juga sudah berkoordinasi dengan pecalang, Babinsa dan aparat sekitarnya untuk menjaga wilayah ini tetap kondusif," jelas dia.

Keamanan Kondusif

Waluya tak bisa memastikan apakah objek wisata yang akan dikunjungi oleh Raja Salman akan ditutup sementara selama kunjungan atau tidak.

"Junjungan kan ada dua, ada VIP dan VVIP. Kalau VVIP. Itu kan wilayah Paspamres kebijakannya. Mereka punya SOP-nya. Kita juga belum tahu siapa yang akan ke sini, apakah langsung Raja Salman, atau pangerannya, atau menterinya saja, itu kita belum tahu persis," katanya.

Namun Waluya membenarkan kabar tim advance Kerajaan Arab Saudi telah melakukan survei di beberapa lokasi di kawasan Ubud, Gianyar. "Betul jika tim advance mereka sudah survei ke Ubud. Tapi Ubud ini kan luas, banyak objek wisata. Itu yang kita belum dapat kepastian. Tapi semua kita siapkan. Kita sudah punya denahnya. Nanti parkirnya di mana, masuknya lewat mana, itu sudah kita siapkan," tuturnya.

Sejauh ini, situasi keamanan di Gianyar dilaporkan dalam keadaan kondusif. Waluya mengaku telah menyebar imbauan-imbauan kepada masyarakat agar kunjungan wisata Raja Salman dapat berlangsung tanpa kendala. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya