Ketua DPR Mohon Raja Salman Tambah Kuota Haji Indonesia

Ketua DPR RI Setya Novanto dan Raja Salman di Gedung DPR, Kamis, 2 Maret 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Ketua DPR Setya Novanto menyampaikan permintaan agar Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud meningkatkan jumlah kuota jemaah haji asal Indonesia. Permintaan ini disampaikan Novanto saat memberikan pidato sambutan di gedung DPR dalam rangka kunjungan Raja Salman, Kamis, 2 Maret 2017.

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Raja Salman yang meningkatkan kuota haji jemaah Indonesia dari 168 ribu menjadi 221 ribu di tahun 2017.

"Kami menyampaikan terima kasih setulus-tulusnya atas kemurahan hati Sang Baginda Raja karena tambahan kuota 50.000 jemaah, sehingga menjadi berjumlah 221 ribu," kata Novanto di Gedung DPR, Senayan.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

Menurut Novanto, penambahan kuota jemaah haji Indonesia ini sangat berarti bagi Indonesia. Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, penambahan kuota ini menyesuaikan harapan masyarakat.

"Kuota tersebut sangat berarti untuk Indonesia. Antrean jemaah yang sampai 25 tahun, bahkan ada yang wafat selama penantian," tutur politikus Golkar tersebut.

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

Kemudian, Novanto pun langsung memohon kepada Raja Salman agar selanjutnya bisa menambah jemaah haji Indonesia. "Teriring doa dan harapan, Sri Baginda bisa menambah lagi kuota haji," ucap Novanto, tersenyum.

Dalam pidato sambutannya, Novanto mengatakan kehadiran Raja Salman ke gedung DPR sebagai sejarah yang berulang setelah kedatangan Raja Faisal, 47 tahun silam. Ia menyampaikan harapan agar hubungan bilateral antara Indonesia dengan Arab Saudi semakin erat.

Sekitar 1.500 undangan yang disebar dalam kunjungan Raja Salman ke DPR. Raja Salman sendiri menyampaikan pidato singkat di gedung paripurna DPR.

Adapun kunjungan Raja Salman ke DPR ini turut dihadiri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno. Selain itu, pimpinan lembaga negara, perwakilan menteri Kabinet Kerja, dan ketua umum partai politik. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya