Penari Pendet Siap Hibur Raja Salman di Bandara Bali

Kedatangan Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, 1 Maret 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis al-Saud, akan berlibur ke Bali pada tanggal 4 hingga 9 Maret 2017, selepas kunjungan kerja kenegaraan di Jakarta sejak 1 Maret 2017 lalu.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

Untuk menyambut kedatangan Raja Salman, Pemerintah Provinsi Bali berencana menyiapkan persembahan tari Pendet sebagai tari penyambutan. Budayawan Bali, Profesdor Made Bandem, mengungkapkan tarian Pendet penyambutan itu akan digelar di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai begitu Raja Salman dan rombongan tiba.

"Tadi dibahas oleh Gubernur (Made Mangku Pastika), Beliau ingin menyiapkan tari Pendet sebagai tari penyambutan kedatangan Raja Salman," kata Bandem usai bertemu Gubernur Bali di Bali, Kamis 2 Maret 2017.

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

Saat ini, ia melanjutkan, rencana itu tengah diusulkan kepada Sekretariat Negara (Setneg) dan pihak Kerajaan Arab Saudi.

"Kalau dari Setneg belum ada permintaan. Itu baru rencana yang tengah diusulkan kepada Setneg dan Kerajaan Arab Saudi," paparnya.

Wow, Raja Salman Sumbang 20 Ton Kurma dan 50 Alquran untuk Umat Muslim di Indonesia

Jika disetujui, nantinya tari pendet akan melibatkan 100 orang anak-anak di bawah usia 12 tahun.

"Arahan Pak Gubernur maunya anak-anak. Nanti akan dilibatkan 100 orang anak-anak sebagai penari. Teknisnya itu nanti disiapkan oleh Dinas Kebudayaan (Provinsi Bali)," ujar dia.

Menurut Bandem, tari Pendet sebagai tari penyambutan biasa dipentaskan untuk menyambut tamu-tamu agung negara. Sama seperti penyambutan kepada Presiden Amerika Serikat Ronald Reagen pada waktu yang lalu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya