Hari Kelima Citarum Meluap, Lebih Seribu Warga Mengungsi

Air dari luapan Sungai Citarum menggenangi jalan dan permukiman warga di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Kamis, 2 Maret 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id - Sebanyak 1.152 warga Kecamatan Dayeuh Kolot, Bojong Soang, dan Baleendah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengungsi. Permukiman mereka terendam akibat luapan Sungai Citarum setelah hujan lebat sejak 28 Februari 2017.

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

Sungai Citarum meluap hingga permukiman terendam dengan ketinggian air mencapai 1,8 meter. Total pengungsi mencapi 344 kepala keluarga, di antaranya, 73 lansia (warga lanjut usia), 69 balita, lima ibu hamil, satu ibu menyusui, dan dua orang sakit.

Menurut Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Budi Budiman, sebagian besar pengungsi warga Kecamatan Dayeuh Kolot mengungsi ke sejumlah masjid di kecamatan itu. 

Dilaporkan Hilang, Seorang Pria Ditemukan Tewas Dicor Dalam Rumah di Cimahi

Ketinggian air di Kecamatan Bojong Soang, terutama di Kampung Cijagra, mencapai 1,3 meter. Warga setempat mengungsi ke gudang pabrik makanan ringan dan sejumlah posyandu.

Sedangkan di Kecamatan Baleendah, luapan menggenangi 15 kampung dengan ketinggian air mencapai dua meter. Warga pengungsi ditampung sementara di gedung Inkanas, GOR Kelurahan Baleendah, Masjid Nurul Huda, dan SPBU Cikarees.

BMKG: Potensi Hujan Badai Disertai Petir di DKI Jakarta

Warga terdampak, menurut catatan Budi yang dimutakhirkan pada Kamis, 2 Maret 2017, mencapai 639 jiwa. Di antara para pengungsi ada 43 lansia, 38 balita, dan empat ibu hamil.

Ilustrasi STNK di Jakarta.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Pemerintah daerah ini menghadirkan program istimewa yang memungkinkan Anda menghemat pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor alias PKB.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024