Kerusuhan di Lapas Jambi, Empat Napi Kabur

Petugas kepolisian sedang berjaga-jaga
Sumber :
  • NTARA FOTO/Adiwinata Solihin

VIVA.co.id – Empat narapidana di Lapas Klas IIA Jambi kabur saat terjadi kerusuhan pada Rabu malam, 1 Maret 2017. Empat napi ini diketahui hilang pada saat dilakukan absen pagi, Kamis, 2 Maret 2017.

800 Telepon Genggam Disita dari Sel Napi Lapas Salemba

Disampaikan Kakanwil Kemenkumham Jambi, Bambang Palasara, setelah suasana kondusif lewat tengah malam, absen narapidana dilakukan pagi hari. Setelah itu, baru diketahui ada narapidana yang melarikan diri.

"Saat ini petugas sedang melakukan pencarian terhadap empat napi narkoba yang berhasil kabur," katanya, Kamis, 2 Maret 2017.

4 Napi yang Pernah Kabur dari Nusakambangan, Ada 'Robin Hood'

Ditambahkan Bambang, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kepolisian untuk mencari keberadaan empat orang tersebut. Namun Bambang belum mengungkapkan identitas keempat narapidana yang kabur ini. Dari informasi yang diperoleh, keempat napi berhasil kabur dengan memanjat tembok Lapas Klas IIA Jambi.

"Untuk mencari tahu keberadaan mereka kita berkoordinasi dengan Kepolisian," ujarnya.

Kerusuhan di Rutan Bima, Belasan Napi Kabur

Akibat kerusuhan di Lapas Klas IIA Jambi, sedikitnya 12 orang menjadi korban. Enam orang korban diketahui dari pihak Kepolisian dan enam lagi dari warga binaan. Ada beberapa tuntutan yang menyebabkan kerusuhan terjadi. Seperti sarana air, harga jual di koperasi minta diturunkan, dan masalah razia yang terlalu sering dilakukan di lapas.

Pada saat kerusuhan, beberapa kali aparat Kepolisian yang menjadi korban dibawa keluar lapas dan dilarikan ke rumah sakit. Rata-rata korban dari pihak Kepolisian akibat lemparan dari warga binaan yang sedang mengamuk di dalam lapas. Sedangkan dari warga binaan, beberapa orang terlihat dibawa menggunakan tandu, dan bagian betis kaki terlihat berdarah dan dibalut perban. (mus)

 

 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya