Antrean Panjang Warga di Depan Masjid Istiqlal

Antrean warga yang ingin masuk ke dalam Masjid Istiqlal, Kamis, 2 Maret 2017.
Sumber :
  • VIVA/Danardono

VIVA.co.id – Masjid Istiqlal mulai disterilisasi Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres, Kamis siang, 2 Maret 2017. Masjid yang berada di Jalan Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Jakarta Pusat ini menjadi salah satu lokasi yang akan dikunjungi oleh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, siang nanti.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

Selama proses sterilisasi dilakukan, seluruh pengunjung masjid diminta untuk menunggu di depan gerbang masjid. Nampak pengunjung mulai memadati kawasan Masjid Istiqlal, antrean pun sudah cukup panjang. Antrean ini didominasi kaum ibu-ibu.

"Mampir aja sekalian salat, siapa tahu bisa salaman sama raja," kata Musrifah, warga yang sedang mengantre sejak satu jam yang lalu.

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

Petugas keamanan masih menutup gerbang di depan Masjid Istiqlal. Mereka meminta para pengunjung yang mengantre, agar sebaiknya menunggu sambil duduk. Gerbang baru akan dibuka menjelang Salat Dzuhur.

Namun, sebelum masuk ke dalam masjid, seluruh pengunjung diwajibkan melakukan serangkaian pemeriksaan standar Paspampres. Mereka akan menjalani body check melalui metal detector, tas maupun barang bawaan mereka juga dimasukan kedalam x-ray.

Wow, Raja Salman Sumbang 20 Ton Kurma dan 50 Alquran untuk Umat Muslim di Indonesia

Sebelumnya, Kepala Sub Bidang Pemeliharaan Gedung Masjid Istiqlal, Syaiful Haq, mengatakan Raja Salman akan datang ke Masjid Istiqlal dengan membawa 80 orang. Raja dan rombongan hanya berada sekira 30 menit di Istiqlal.

Raja Salman dan rombongan akan melewati Gerbang Al Malik yang sudah dilapisi karpet di sepanjang lorong hingga menuju lift naik ke lantai dua yang merupakan ruang utama yang biasa dipergunakan sebagai tempat salat.

Rombongan Raja Salman akan diantar menuju ruang tamu sebelum melaksanakan salat sunah penghormatan terhadap Masjid Istiqlal. Di ruang tamu khusus para tamu negara itu, tersedia sofa juga ruang makan tempat menjamu Raja Salman.

Bahkan di ruangan itu sengaja dibangun toilet khusus sesuai dengan permintaan pihak Kerajaan Arab Saudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya