Jokowi Sambut Raja Salman Rabu Siang di Halim

Istana Bogor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo akan menyambut langsung Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud, di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Rabu 1 Maret 2017 sekitar pukul 12.30 WIB.

Raja Salman Sukses Jalani Operasi Kantung Empedu

Walau disambut langsung di tangga pesawat, Raja Salman dan Presiden Joko Widodo tidak akan bersamaan menuju Istana Bogor.

"Yang dari tangga pesawat, beliau antar ke mobil, ke mobil raja. Raja masuk mobil, terus Pak Jokowi pulang duluan untuk menunggu di Bogor," kata Kepala Staf Presiden, Darmansjah Djumala, usai rapat dengan Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Senin 27 Februari 2017.

Jokowi Diundang ke Konser Yanni di Prambanan

Di Halim, Raja Salman akan menunggu Presiden Jokowi yang berangkat terlebih dahulu ke Istana Bogor. Djumala mengatakan, sekitar 15 menit Raja Salman menunggu. Sebab, ada juga iring-iringan yang mempersiapkan diri.

Sementara itu, Presiden Jokowi sudah langsung berada di Bogor untuk menyambut kedatangan Raja Salman dan rombongan itu. "Sebagai tuan rumah menunggu di Istana Bogor," katanya.

Jokowi: Seluruh Korban Bom Surabaya Ditanggung Negara

Tidak semua rombongan yang datang, akan ikut menuju Istana Bogor. "Ada 35 delegasi, plus satu raja dan 50 perangkat," katanya. Itu termasuk pengamanan kerajaan itu sendiri.

Di Istana Bogor, Raja Salman dan delegasi akan disambut meriah. Djumala mengatakan, penyambutannya standar sebagai kunjungan kenegaraan. Tidak jauh berbeda saat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berkunjung ke Istana Bogor beberapa waktu lalu.

"Ada penyambutan kebesaran, ada iringan kuda, ada drumband, ada pasukan tradisional, ada dentuman meriam. Pasukan berkuda kan kebesaran, kemudian ada pemeriksaan pasukan ya standar," tutur dia.

Masuk ke halaman Istana Bogor, Raja Salman dan delegasi juga akan disambut dengan meriah oleh siswa-siswi sekolah yang berjejer di jalan masuk Istana, dengan mengibarkan bendera-bendera kedua negara.

Di Istana Bogor, sejumlah agenda siap menanti. Baik bilateral maupun agenda-agenda simbolik lainnya. Nantinya, akan ada penanaman pohon yang dilakukan di halaman dalam Istana.

"Pohonnya lagi kita pilih, macam-macam itu. Nanti akan macam-macam jenisnya, saya nggak hafal jenisnya. Maknanya ya persahabatan. Nanti di halaman, yang menanam itu Presiden dan Raja, plus prince. Prince juga menanam," tutur dia.

Raja Salman dan delegasi, direncanakan berada di Istana Bogor hingga pukul 03.45 WIB. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya