Raja Salman Bawa 80 Orang ke Masjid Istiqlal

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, saat berkunjung ke Malaysia.
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su

VIVA.co.id – Kepala Sub Bidang Pemeliharaan Gedung Masjid Istiqlal, Syaiful Haq mengatakan dari kabar yang didapat, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis al-Saud hanya membawa sebagian orang dari rombongannya ketika mengunjungi Masjid Istiqlal pada 2 Maret 2017.

Imam Besar Istiqlal Ucapkan Selamat kepada Prabowo jadi Presiden Terpilih

"Tidak semuanya nanti yang akan ke sini (Istiqlal), hanya sekitar 80 orang saja," kata dia di Kompleks Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin 27 Februari 2017.

Syaiful menatakan, pihaknya sudah mempersiapkan jalur VVIP untuk sang raja. Di sana, Raja Salman akan melewati Gerbang Al Malik yang dilapisi oleh karpet di sepanjang lorong hingga menuju ke lantai dua yang merupakan ruang utama yang biasa dipergunakan sebagai tempat salat.

6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Kebanggaan Indonesia

Rombongan Raja Salman akan diantar menuju ruang tamu sebelum melaksanakan salat sunah penghormatan terhadap Masjid Istiqlal. Di ruang tamu khusus para tamu negara itu, tersedia sofa juga ruang makan tempat menjamu Raja Salman.

Bahkan di ruangan itu sengaja dibangun toilet khusus sesuai dengan permintaan pihak Kerajaan Arab. Toilet itu pun tak boleh dilihat oleh awak media.

Masjid Istiqlal di Gaza Hancur Digempur Israel, Netizen: Open War ke Indonesia

"Toiletnya ada di dalam ruang makan. Mohon maaf, kami tidak diperkenankan untuk memperlihatkannya ke media," tuturnya.

Selain toilet khusus, ada pula lift yang dibuat atas permintaan khusus oleh pihak Kerajaan Arab. Lift itu berukuran kurang lebih 1,5 meter persegi yang posisinya terletak di jalur VVIP, Gerbang Al Malik.

"Pada dasarnya Masjid Istiqlal kan gedung milik negara. Jadi negara mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan tamu-tamu negara. Setelah pembangunan 18 hari, lift dan toilet sudah siap dipergunakan," ujar Syaiful. Tidak ada yang spesial dari desain lift itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya