Ban Pesawat Wings Air Pecah Saat Mendarat di Lampung

Pesawat Wings Air yang pecah ban saat mendarat di Bandara Radin Inten II, 26 Februari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ardian

VIVA.co.id – Dua ban sebelah kiri pesawat Wings Air pecah siang tadi saat akan melakukan pendaratan. Insiden tersebut nyaris membuat pesawat tergelincir ketika pesawat akan mendarat di Bandara Radin Inten II, Branti, Natar, Lampung Selatan, Minggu, 26 Februari 2017 sekitar pukul 14.15.

Wings Air Airline Shot On Nop Goliath Dekai Yahukimo Airport in Papua

Insiden tersebut tidak mengakibatkan jatuhnya korban, namun membuat jadwal kedatangan dan pemberangkatan terganggu setelah bandara ditutup beberapa saat untuk proses evakuasi. Pengelola Bandara Radin Inten II sempat mengeluarkan notice to airmen (notam), yakni pemberitahuan tentang kondisi terkini bandara tetapi pada pukul 15.15, notam dicabut dan dinyatakan aman.

Berdasarkan informasi yang dihimpun menyebutkan, pesawat Wings Air nomor penerbangan IW 1286 rute Bandung-Lampung, pecah ban saat mendarat pukul 14.15 di Bandara Radin Inten II.

Pesawat Wings Air Ditembak KKB Papua, Irjen Mathius Fakhiri: Tidak Ada Korban Jiwa

Menurut Humas Bandara Radin Inten II, Wahyu Aria Sakti, kejadian bermula saat pesawat akan mendarat, roda sebelah kiri mulai oleng dan pilot berusaha memperlambat kecepatannya. Tetapi belum sampai belokan masuk runway, ban sebelah kiri meledak dan terbakar sehingga pilot menghentikan pesawat di tengah runway.

"Saat mendarat, roda sebelah kiri oleng, dan sebelum masuk runway, roda meledak dan terbakar, pilot langsung menghentikan pesawat di tengah runway," kata Wahyu saat dikonfirmasi.

Pesawat Wings Air Ditembak KKB di Yahukimo, Kemenhub Minta Tingkatkan Waspada

Seluruh penumpang pesawat berjumlah 72 orang dalam keadaan selamat. Mereka dievakuasi dengan bis bandara, dan untuk mengantisipasi hal lainnya, pihak bandara menempatkan tiga unit mobil pemadam kebakaran di lokasi.

"Seluruh penumpang dan awak pesawat tidak mengalami cedera sedikit pun. Pesawat sudah kembali ke apron. Operasional Bandara Radin Inten sudah kembali normal," ujar Wahyu. (ren)

VIVA Militer: Pesawat Hercules TNI AU mendarat di Bandara Dekai Yahukimo

Pesawat Wings Air Ditembaki Teroris OPM, TNI AU Daratkan Pesawat Hercules di Bandara Dekai Yahukimo

Pesawat Hercules TNI AU mendarat di Bandara Dekai Yahukimo dorong logistik untuk Satgas TNI dan masyarakat Yahukimo

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024