Ridwan Kamil Janji Lansia di Bandung Tak Sendiri Lagi

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
Sumber :
  • instagram.com/ridwankamil

VIVA.co.id – Generasi Lanjut Usia atau Lansia di Kota Bandung, Jawa Barat akan mendapat perhatian dari Pemerintah dengan program sosial dan stimulus keikutsertaan dalam aktivitas perekonomian.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, program ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial akan berlaku bagi Lansia. Bahkan, nantinya para Lansia akan mendapat pendampingan khusus oleh relawan dalam menjalankan kegiatan.

"Di Bandung, yang tercatat 200-an masuk panti jompo dan dua ribuan berpotensi tercatat masuk panti jompo," ujarnya usai menghadiri pembukaan Kongres Lansia di Pendopo Kota Bandung ,Jawa Barat, Sabtu 25 Februari 2017.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Menurutnya, para Lansia ini akan mendapat fasilitas transportasi khusus. Bahkan, pihaknya akan menstimulus para Lansia untuk berperan aktif dalam kegiatan sosial. "Memberi pekerjaan yang ringan motoriknya, memelihara taman dan program pengajian," ujarnya menambahkan.

Ia menargetkan, para Lansia ini aktif beraktifitas secara informal walaupun energi produktifitas dibatasi usia. Bahkan ruang aktivitas sosial kemasyarakatan harus didapatkan setara dengan usia lainnya. "Sehingga Lansia di Bandung penuh kegiatan, mereka biasanya kesepian tinggal di rumah terasing dari masyarakat sehingga timbul depresi dan terjadi pikunnya cepat," katanya. 

Viral Detik-detik Lansia di Makassar Meninggal Dunia Usai Ikuti Lomba Tadarus Al Quran

Dia menambahkan, selain aktif, kondisi rohani para Lansia agar tetap berada dalam keadaan baik dengan mendapatkan akses. "Diharapkan kita seperti Jepang, panjang umur para lansianya karena mental rohani yang positif. Format berkarya tidak selalu berbentuk fisik, intinya Lansia di Bandung tidak sendiri lagi." (mus) 

Ilustrasi mayat

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Amsiah lansia berusia 75 tahun, warga Kecamatan Cilondong, Depok tewas usai tertimpa atap rumah yang ambruk.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024