Jokowi Dianugerahi Gelar Adat 'Pemimpin Besar' di Ambon

Presiden Jokowi mendapat gelar kehormatan di Ambon.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA.co.id – Majelis Latupati, wadah berhimpun para raja dan tetua adat dari seluruh wilayah di Maluku, memberi gelar adat kehormatan ‘Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku’ kepada Presiden Joko Widodo di Ambon, Jumat 24 Februari 2017.

Sekjen PDIP soal Teman Megawati di Open House: Yang Tunjukkan Komitmen Indonesia Bukan Bagi Keluarga

Gelar adat yang memiliki arti "pemimpin besar yang peduli terhadap kesejahteraan hidup masyarakat adat Maluku" disematkan kepada Jokowi dan disaksikan tetua adat dari seluruh wilayah Maluku.

Usai menerima penganugerahan gelar tersebut, Jokowi mengaku sangat terhormat. Dia berjanji akan memperhatikan masyarakat Maluku sebagai tanggung jawab atas gelar yang diberikan.

Cerita Warga Hadiri Open House Jokowi: Motoran ke Istana dari Jam 1 Pagi, dan Boyong Sekeluarga

"Saya mengucapkan terima kasih. Saya memahami bahwa gelar ini disertai dengan tanggung jawab untuk menyejahterakan rakyat Maluku," kata Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga mengaku sangat bangga pada kearifan lokal yang dimiliki rakyat Maluku.

Soal Megawati Apakah ke Open House Presiden Jokowi, PDIP Jawab Begini

"Menggunakan falsafah Siwalima yang menyatukan semua perbedaan kelompok, menjadi kekuatan perekat yang abadi. Sejarah sudah menyaksikan bagaimana kearifan lokal Maluku dapat dengan cepat memulihkan keadaan, setelah terjadinya konflik sosial pada waktu yang lalu," kata Jokowi. (asp)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gelar Open House Lebaran 2024 di Istana Negara

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Open house yang digelar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat sempat ricuh karena antrean yang membludak saat Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024