Jokowi Dianugerahi Gelar Adat 'Pemimpin Besar' di Ambon

Presiden Jokowi mendapat gelar kehormatan di Ambon.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA.co.id – Majelis Latupati, wadah berhimpun para raja dan tetua adat dari seluruh wilayah di Maluku, memberi gelar adat kehormatan ‘Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku’ kepada Presiden Joko Widodo di Ambon, Jumat 24 Februari 2017.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Gelar adat yang memiliki arti "pemimpin besar yang peduli terhadap kesejahteraan hidup masyarakat adat Maluku" disematkan kepada Jokowi dan disaksikan tetua adat dari seluruh wilayah Maluku.

Usai menerima penganugerahan gelar tersebut, Jokowi mengaku sangat terhormat. Dia berjanji akan memperhatikan masyarakat Maluku sebagai tanggung jawab atas gelar yang diberikan.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

"Saya mengucapkan terima kasih. Saya memahami bahwa gelar ini disertai dengan tanggung jawab untuk menyejahterakan rakyat Maluku," kata Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga mengaku sangat bangga pada kearifan lokal yang dimiliki rakyat Maluku.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

"Menggunakan falsafah Siwalima yang menyatukan semua perbedaan kelompok, menjadi kekuatan perekat yang abadi. Sejarah sudah menyaksikan bagaimana kearifan lokal Maluku dapat dengan cepat memulihkan keadaan, setelah terjadinya konflik sosial pada waktu yang lalu," kata Jokowi. (asp)

Presiden Jokowi dan Wapres KH. Ma'ruf Amin Serahkan Zakat

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proses negosiasi pemerintah untuk menambah kepemilikan saham PT. Freeport Indonesia (PTFI) sebesar 10 persen masih berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024