Pesan MUI untuk Polisi soal Kasus Bachtiar Nasir

Ustaz Bachtiar Nasir.
Sumber :
  • Pius Yosep Mali - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi meminta pihak kepolisian dapat menjelaskan secara transparan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Ustadz Bachtiar Nasir. Zainut mengungkapkan perlu adanya transparansi agar tidak menimbulkan dugaan yang keliru di kalangan masyarakat. 

Polri Yakin Bachtiar Nasir akan Datang Penuhi Panggilan

Zainut mengatakan, polisi juga harus berhati-hati dalam menangani kasus ini, dan jangan sampai ada penilaian bahwa polisi terlalu mencari-cari masalah dan prematur dalam menetapkan status hukum kepada pelakunya. Sehingga ada kesan polisi bekerja tidak independen, tidak adil dan tebang pilih. 

"Terhadap kasus pelanggaran hukum yang sudah jelas dan didukung oleh alat bukti yang cukup, polisi ragu untuk menindak-lanjuti, sementara terhadap kasus yang alat buktinya masih sumir polisi begitu cepat menetapkan tersangka kepada pelakunya. Hal ini dikhawatirkan dapat menurunkan kredibilitas dan kepercayaan publik kepada polisi," kata Zainut dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id, Kamis 23 Februari 2017. 

Masih di Arab Saudi, Bachtiar Nasir Tak Datang Jadi Saksi Eggi Sudjana

Menurutnya, di tengah situasi dan kondisi di mana rakyat sangat sensitif karena merasa ada perlakuan yang tidak adil, adanya ketimpangan dan kesenjangan sosial-ekonomi yang sangat tajam, jangan sampai ada tindakan yang dilakukan oleh pejabat atau aparat yang justru membuat rakyat semakin tersinggung. Karena hal tersebut dapat memicu konflik dan kegaduhan.

Di sisi lain, kata Zainut, Ustadz Bachtiar Nasir juga harus menyampaikan secara terbuka kepada umat terkait dana yang diterima, termasuk penggunaannya dan kepada pihak mana saja dana tersebut di tasarufkan sehingga tidak menimbulkan fitnah dan prasangka yang tidak baik. 

Bachtiar Nasir dan Kivlan Zen Jadi Saksi Kasus Eggi Sudjana

Dia juga menegaskan bahwa MUI tidak mengetahui seluk beluk urusan dana tersebut. Sejak dari awal MUI menyatakan bahwa GNPF MUI bukan bagian dari MUI dan tidak ada hubungan dengan MUI, baik organisatoris maupun bentuk kerjasama apa pun. 

"Untuk hal tersebut kami minta kepada semua pihak untuk tidak mengaitkan masalah yang sedang diperkarakan oleh polisi dengan MUI," kata dia. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya