TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Disangka Punah, 4 Macan Tutul Muncul di Sukabumi

Macan Tutul Sukabumi sudah dilaporkan punah sejak tahun 2001
Disangka Punah, 4 Macan Tutul Muncul di Sukabumi
Macan Tutul Jawa Terekam Kamera di Malang (VIVA.co.id/Lucky Aditya)

VIVA.co.id – Empat ekor macan tutul (Panthera pardus melas), satwa langka yang dipercaya telah punah, memunculkan diri di Suaka Margasatwa Cikepuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Aktivitas keempat ekor hewan itu terekam dalam kamera perangkap (camera trap) yang sengaja dipasang di kawasan Suaka Margasatwa.

"Hasil pengamatan selama 28 hari memperlihatkan tujuh frame video yang menunjukkan aktivitas macan tutul di SM Cikepuh," kata Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Djati Witjaksono Hadi dalam siaran persnya dikutip, Kamis, 23 Februari 2017.

Dikatakannya, dari pengamatan itu terlihat bahwa dari empat ekor macan tutul tersebut, tiga di antaranya adalah macan dengan pola tutul kuning dan seekor lagi adalah varian tutul hitam atau kerap dikenal sebagai macan Kumbang.

Macan Tutul Jawa

FOTO: Macan Tutul Jawa/M Solihin

Dan kini, berdasarkan analisis sederhana, diperkirakan bahwa populasi macan tutul di Cikepuh berjumlah 12 ekor. Kedepan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait prediksiitu serta rasio jenis kelamin hewan langka tersebut.

Macan tutul Sukabumi, sejak beberapa waktu lalu sudah diduga punah akibat rusaknya 50 persen kawasan hutan. Itu bermula dari sejak awal tahun 1998 hingga ke tahun 2001. Sejak itu, tak diketahui lagi keberadaan macan tutul.

"Hadirnya kembali satwa ini merupakan salah satu indikator keberhasilan rehabilitasi dan restorasi kawasan Cikepuh sebagai zona inti Geopark Ciletuh," kata Djati.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP