Pleno KPU Banten, Rano Unggul di Cilegon dan Pandeglang

Ilustrasi Pencoblosan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anissa Maulida

VIVA.co.id – Dua KPU Kabupaten dan Kota telah menyelesaikan proses hitung manual dan rapat pleno Pilgub Banten 2017. Bahkan jika dibandingkan dengan real count KPU Banten yang ditayangkan melalui website resminya, suara Paslon nomor urut dua, Rano-Embay bertambah sebanyak 50 suara di Kota Cilegon.

Viral Sopir Truk Gantung Diri di Tol Cikande, Diduga Akibat Kalah Judi Online

"Hasil Real Count Situng (Sistem Informasi Penghitungan Suara) itu hanya hasil sementara dan untuk perbandingan saja. Hasil final adalah berdasarkan Rapat Pleno yang disaksikan saksi, Panwas dan pihak terkait lainnya," kata Fathullah, Ketua KPU Kota Cilegon, Rabu, 22 Februari 2017.

Sedangkan di Kabupaten Pandeglang, terjadi perbedaan antara jumlah suara sah yang mencapai ratusan kertas suara jika dibandingkan dengan real count website KPU. "Memang ada perbedaan karena di setiap tingkatan PPK itu kan ditemukan beberapa dokumen salah jumlah. Karena proses penginputan dan scan sifatnya sementara, bukan mutlak, yang mutlak yang diplenokan," kata Ahmad Suja'i, Ketua KPU Kabupaten Pandeglang, Rabu, 22 Februari 2017.

Antisipasi Ricuh, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara KPU Banten Dijaga Ketat Polisi

Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan dari KPU Kota Cilegon, Paslon nomor urut satu memperoleh suara berjumlah 76.580 suara dan nomor urut dua mendapatkan 104.070 suara dengan suara sah sebanyak 180.550 dan suara tidak sah sebanyak 11.040 suara.

Sedangkan KPU Kabupaten Pandeglang melalui rapat pleno nya menetapkan pasangan calon (Paslon) nomor urut satu, Wahidin Halim-Andika Hazrumy mendapatkan suara 243.571 suara. Sedangkan nomor urut dua, Rano-Embay memperoleh 281.832 suara dengan suara sah sebanyak 525.403 dan surat suata tidak sah sebanyak 17.209. Jika dibandingkan dengan data dari website resmi KPU terdapat perbedaan surat suara resmi yang berjumlah 525.147.

Warga Serang Geger! Gundukan Tanah Dikira Kuburan Kucing Pas Dibongkar Isinya Mayat Bayi
Evakuasi Mayat Bayi di Aliran Sungai. (Dok: Polres Serang)

Serang Geger! Mayat Bayi Perempuan Ditemukan dengan Kondisi Mengenaskan, Kepala Sudah Tak Utuh

Mayat bayi saat ditemukan dalam kondisi tersangkut di aliran sungai yang tertutup sampah rumah tangga dan kayu. Ada bekas gigitan hewan di bagian leher dan tangan bayi.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024