Kepala BNPB Nilai Penanganan Banjir Jakarta Cukup Tepat

Kepala BNPB Laksda Willem Rampangilei
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Laksda Willem Rampangilei mengatakan, banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di DKI Jakarta hingga kini kondisinya mulai membaik. Hal itu lantaran langkah penanganan banjir yang dilakukan cukup cepat. 

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

"Masyarakat sudah ditangani dengan baik, trauma healing juga telah disediakan dan makanan telah dicukupi. Bahkan, di Jakarta Timur, pemerintah setempat menyediakan laundry, hiburan anak-anak serta perpustakaan mobil," kata Willem saat menggelar konferensi pers di kantornya di Jakarta Timur, Rabu, 22 Februari 2017. 

Willem menjelaskan, bencana alam seperti banjir memang tidak bisa dicegah. Bahkan, beberapa daerah di Indonesia pun mengalami kondisi yang sama. Ada sekitar 22 provinsi dan 95 kabupaten terdampak akibat hujan deras mulai dari Januari-Februari. 

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Menurut Willem, berdasarkan data dari BNPB, tercatat hampir 261,1 jiwa rawan terhadap bencana alam. Rinciannya, 63,7 juta jiwa tinggal di tempat rawan banjir, 148,4 juta jiwa di lokasi rawan gempa bumi, 40,9 juta jiwa di tempat rawan longsor, 3,8 juta jiwa di lokasi rawan tsunami, serta 11,1 juta jiwa di lokasi rawan erupsi. 

Untuk itu, BNPB dan segenap instansi terkait terus melakukan upaya penanganan agar bencana bisa diminimalkan dengan baik. Sebab, musim hujan diprediksi akan sampai Maret mendatang. 

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

"Dalam mengatasi tanggap darurat, penanganan terhadap masyarakat terdampak memang baik. Tapi, harus juga diantisipasi. Soalnya sampai akhir Maret diperkirakan masih tinggi intensitas hujannya, dan April masa transisi," tuturnya. (ase)
 

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024