Kapolri Ungkap Daftar Kasus Rizieq FPI

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjawab tudingan kriminalisasi terhadap ulama yang disebut dialami oleh pemimpin FPI Rizieq Shihab dan Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir. Menurut Tito, kasus-kasus diproses sesuai prosedur dan berdasarkan laporan dari masyarakat.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

"Kasus Rizieq ada beberapa kasus yang dilaporkan ke Polri. Pertama soal penghinaan Pancasila, yang dilaporkan oleh Sukmawati Soekarnoputri. Kemudian kami dilakukan pendalaman saksi-saksi. Saat ini sedang proses berkoordinasi dengan Jaksa Penuntut Umum," kata Tito dalam rapat bersama Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 22 Februari 2017.

Kemudian, Rizieq juga disebut masih terjerat beberapa kasus lainnya seperti, kasus penyebutan adanya lambang palu arit di pecahan uang kertas Rupiah baru. Hal itu juga beredar melalui video Rizieq Shihab.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

"Sekali lagi ini adalah laporan dari masyarakat. Kalau ada laporan Polri tentu menindaklanjuti," ujar Tito.

Tito mengatakan, kasus-kasus Rizieq yang lain seperti penistaan agama Kristen, penghinaan terhadap hansip dan kasus chat mesum dengan Firza Husein, bahkan masih dalam proses pendalaman.

Habib Rizieq Menikah Lagi karena Diminta Ketujuh Anaknya

"Kasus dengan Firza masih pemeriksaan ahli digital forensik, apakah foto itu benar atau tidak. Kemudian akan ditingkatkan apakah akan ada tersangka atau tidak," kata Tito.

Sementara itu, mengenai kasus yang menjerat Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), Tito menyebut ada dugaan pelanggaran UU Yayasan, UU Perbankan dan juga tindak pidana pencucian uang. (ase)

Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Pengajuan amicus curiae yang dilakukan sejumlah tokoh ini heboh mencuat terkait dengan persidangan dalam pekara sengketa hasil Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024