Pekerja Pabrik Semen di Rembang Lapor ke Ombudsman

Demo Pendukung Pabrik Semen Rembang.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R. Rekotomo

VIVA.co.id – Polemik terkait pendirian pabrik semen milik PT Semen Indonesia Tbk, di Rembang terus bergulir. Warga Rembang pekerja pabrik tersebut melapor ke Ombudsman, lantaran setelah pabrik berhenti beroperasi, kini sedikitnya 6.000 warga yang bekerja di pabrik dirumahkan dan terancam kehilangan penghidupannya.

Pemkab Rembang Kehabisan Anggaran Makamkan Korban COVID-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencabut izin lingkungan dan memberhentikan sementara kinerja operasional pabrik dikeluhkan oleh warga yang tinggal di sekitar lokasi pabrik.

“Kita bisa lihat bahwa belum sebulan pabrik ini beroperasi saja, sudah ada 6.000 warga yang bekerja di sana. Mereka semua kini dirumahkan dan bila (pabrik) benar-benar ditutup, bukan tidak mungkin mereka kehilangan mata pencahariannya lagi,” kata Kepala Desa Tegaldowo, Suntono di Jakarta, Selasa 21 Februari 2017.

Pesan Mbah Moen, Ulama Karismatik NU ke Anaknya Maju Pilkada

Desa Tegaldowo sendiri merupakan salah satu dari lima desa di Kabupaten Rembang yang berbatasan langsung dengan lokasi pendirian pabrik semen milik PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).

Mereka berharap pihak Ombudsman RI bisa mendukung kepentingan warga dengan turut mendesak dan memberikan rekomendasi pada Gubernur Jawa Tengah agar dapat segera menerbitkan izin lingkungan dan pengoperasian pabrik semen milik SMGR di Rembang.

Mensos Ingin Warga Punya Saham PT Semen Indonesia di Rembang

Meski memang permasalahan hukum yang kini melilit pendirian pabrik bukan merupakan wewenang Ombudsman RI, disebutkan bahwa pihak Ombudsman RI menyambut baik dan mendukung permohonan warga, lantaran bagaimana pun persoalan pabrik di Rembang juga berkaitan dengan ketenagakerjaan dan permasalahan sosial masyarakat setempat. (asp)

Miftah Solihin, warga Rembang penggagas relawan Covid Rangers, saat menjelaskan gagasan dan gerakannya di hadapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kabupaten Rembang, Rabu, 21 Juli 2021.

Ada COVID Rangers di Rembang, Anggotanya Para Eks Pasien Corona

Sekelompok pemuda penyintas COVID-19 di Kabupaten Rembang membentuk grup sukarelawan yang mereka namai Covid Rangers.

img_title
VIVA.co.id
22 Juli 2021