Ingat, Hujan Akan Terjadi Hingga Beberapa Hari ke Depan

Titik banjir Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/www.petabencana.id

VIVA.co.id – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika, atau BMKG memperkirakan bahwa hujan yang kini berdampak pada munculnya sejumlah banjir di beberapa wilayah Indonesia, akan terus terjadi hingga beberapa hari ke depan.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

"Khususnya, wilayah pantai barat Sumatera, Sumatera Bagian Utara, Selatan, Bengkulu, Riau, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Tiur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Timur, Sulawesi bagian tengah, Selatan dan sebagian besar Papua," kata Deputi Bidang Metereologi BMKG Yunus S. Swarinoto dalam siaran persnya, Selasa 21 Februari 2017.

Menurutnya, saat ini, seluruh wilayah Indonesia memang sedang menghadapi puncak musim hujan. Sehingga, bencana banjir, atau bencana hidrometereologi memang memungkinkan terjadi di mana pun.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Dari pantauan BMKG, kondisi atmosfer beberapa hari ke depan terdeteksi adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia yang menyebabkan wilayah Sumatera Bagian Selatan, Banten, Jawa Barat dan Jabodetabek cenderung dalam kondisi yang cukup basah.

"Munculnya area perlambatan dan pertemuan angin mengakibatkan kondisi udara tak stabil. Potensi hujan lebat dan kilat tinggi," kata Yunus.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Sejauh ini, khusus di DKI Jakarta, efek cuaca itu langsung berdampak nyata bagi warga. Banjir pun merendam ratusan kawasan di Jakarta. Kemacetan lalu lintas pun tak terhindarkan di beberapa tempat.

Laporan TMC Polda Metro Jaya, kemacetan masih dalam upaya penguraian. Sebab, dengan air yang menggenang di badan jalan, membuat kendaraan menumpuk karena tak bisa melintas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya