Puslabfor Denpasar Selidiki Kebakaran Kantor Kejari Ruteng

Tim Puslabfor Polda Denpasar melakukan olah TKP di lokasi kebakaran
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jo Mariono

VIVA.co.id – Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Denpasar-Bali melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Ruteng Manggarai Nusa Tenggara Timur yang terbakar.
 
Olah TKP yang digelar, Senin 20 Februari 2017 ini dipimpin langsung Kapus Labfor Denpasar-Bali, Kombespol Kusnadi bersama AKBP Anang Kusnadi dan Putu Suardana. Ada juga Wakapolres Manggarai, Kompol Tri Joko Biantoro dan Kasat Reskrim,Iptu Aldo Febrianto.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Dari pantauan VIVA.co.id, olah TKP diawali dengan mendengar keterangan dari saksi Adrianus, Satpam yang bertugas pada malam terjadinya kebakaran. Tim juga menggambar sketsa kantor Kejari yang terbakar. Setelah hampir 40 menit melakukan olah TKP,  tim Puslabfor keluar dan terlihat membawa kabel listrik dan beberapa puing dari ruang arsip yang diduga kuat sebagai sumber api.

“Barang bukti saya ambil dari TKP sebagai sampel untuk dilakukan pendalaman dan analisa lebih dalam. Sampel berupa abu dan instalasi kelistrikan,” ujar Kombespol Kusnadi.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Ia mengatakan, hasil pemeriksaan laboratorium terhadap sampel yang dibawa ke Denpasar baru akan dikeluarkan setelah hasil penyidikan Polres Manggarai dikirimkan ke Puslabfor Denpasar.

“Lebih cepat lebih baik, tergantung berita acara pemeriksaan yang akan dikirim penyidik untuk kita pelajari. Setelah itu saya keluarkan hasilnya secara resmi dalam bentuk pro justitia,” ujarnya.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Kasat Reskrim Polres Manggarai Iptu Aldo Febrianto tutup mulut ketika ditanya ada tidaknya tindakan pidana di balik peristiwa kebakaran yang menghanguskan bangunan berukuran 600 meter persegi ini.

Seperti diketahui, kebakaran kantor Kejari Ruteng terjadi pada Sabtu, 18 Februari 2017 sekitar pukul 23.00 WITA. Seluruh peralatan kantor, berkas perkara dan dokumen kejaksaan ludes terbakar. Bus tahanan dan truk barang bukti Lakalantas dan tiga unit sepeda motor juga hangus terbakar.

Laporan; Jo Mariono/Manggarai/NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya