Polisi Tagih Saksi Ahli yang Dimohonkan Rizieq FPI

Habib Rizieq Shihab demo di depan Mabes Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

VIVA.co.id – Polda Jawa Barat mengimbau penasihat hukum Ketua Front Pembela Islam atau FPI Rizieq Shihab segera mengajukan nama-nama saksi yang dianggap bisa meringankan Rizieq sebagai tersangka.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Rizieq saat ini menyandang status tersangka penistaan Pancasila dan pencemaran nama baik Presiden pertama Soekarno. Dia meminta agar ada pemeriksaan saksi ahli meringankan sebelum penyidik merampungkan berkas untuk dilimpahkan ke pengadilan.

"Kami masih nunggu, selambat-lambatnya hari Kamis ini kalau bisa sudah masuk nama-namanya," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus di Kantor PWNU Jawa Barat, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin 20 Februari 2017.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Yusri mengatakan, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat telah melayangkan surat agar Rizieq  FPI segera mengajukan saksi.

"Dua hari setelah pemeriksaan Rizieq Shihab (sebagai tersangka) kemarin kami sudah kirimkan suratnya," katanya.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

Imbauan itu dilayangkan agar proses pemberkasan kasus untuk dilimpahkan ke pengadilan berjalan profesional tanpa mengulur waktu. Seperti diketahui, Rizieq mengajukan agar ada saksi ahli dari bidang Hukum Tata Negara khusus sejarah Pancasila.

"Kami ingin bergerak cepat. Kalau sudah lengkap pasti dilimpahkan," ujarnya.

Sebelumnya, Rizieq dilaporkan Sukmawati Soekarnoputri, putri Sukarno kepada Mabes Polri dengan tuduhan penghinaan Pancasila. Mabes Polri lalu melimpahkan kasus itu kepada Polda Jabar pada November 2016.

Dasar pelaporan adalah video yang menayangkan ceramah Habib Rizieq di hadapan anggota FPI di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, pada 2011. Dia menyebut dalam naskah Pancasila rumusan Sukarno, sila Ketuhanan ada di pantat, sedangkan naskah Pancasila menurut Piagam Jakarta, sila Ketuhanan ada di kepala. Ia ditetapkan sebagai tersangka pada Senin, 30 Januari 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya