Coblos Ulang, Petugas Terpaksa Gunakan Pengeras Suara

Ilustrasi Pencoblosan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anissa Maulida

VIVA.co.id – Akibat pembukaan kotak suara pada 15 tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, menyebabkan adanya pemungutan suara ulang (PSU). Sayangnya, pencoblosan ulang ini sepi pemilih.

KPU Baru Tetapkan Dua Pemenang Pilkada di Banten

Pantauan di lokasi, Minggu 19 Februari 2017, pada tiga TPS yakni, TPS 6, 5, 4 dan 3 tampak sepi dikunjungi para pemilih. Seperti di TPS 3, sejak dibukanya TPS pada pukul 07.00 WIB hingga 10.00, WIB, sedikitnya baru 20 persen partisipan melakukan pemilihan.

Diketahui, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada TPS tersebut sebanyak 550. Namun baru 160 pemilih melakukan pencoblosan.

"Ya, baru sedikit. Saat ini kita upayakan memanggil warga menggunakan pengeras suara untuk melakukan pencoblosan," kata Romlah, salah seorang saksi KPPS.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Sementara itu, pihak kepolisian Resort Metro Tangerang melakukan pemantauan terhadap sejumlah titik tempat pemungutan suara di Desa Babakan Asem. "Kita melakukan pemantauan hari ini pada sejumlah lokasi TPS. Sejauh ini terpantau aman dan kondusif," kata Kapolres Metro Tangerang, Kombes Pol Harry Kurniawan.

Pada pengamanan tersebut pun, pihak Polrestro Tangerang menerjunkan sebanyak 100 personel yang mengamankan lokasi TPS serta titik pengumpulan logistik.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

"Untuk di masing-masing TPS kurang lebih tiga sampai lima personel kita tugaskan. Sementara itu selebihnya, kita pusatkan di tempat logistik seperti Desa dan Kecamatan. Hal ini guna menghindari adanya aksi kecurangan oleh oknum tertentu nantinya," katanya. (one)

Ilustrasi rekapitulasi suara Pilpres 2024 di TPS

Antisipasi Ricuh, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara KPU Banten Dijaga Ketat Polisi

Rapat pleno rekapitulasi suara tingkat Provinsi Banten resmi dimulai, setelah sebelumnya dilakukan perhitungan suara ditingkat PPK maupun kabupaten dan kota. Sebelum perh

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024