TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Ruas Tol Trans Jawa yang Bisa Dilalui Saat Mudik 2017

"Jadi Insya Allah target 2018 tol Trans Jawa bisa tersambung."
Ruas Tol Trans Jawa yang Bisa Dilalui Saat Mudik 2017
Menteri keuangan dan Menteri pekerjaan umum. (VIVA.co.id/Dwi Royanto (Semarang))

VIVA.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono memastikan proyek nasional jalan Tol Trans Jawa akan tersambung pada 2018. Meski belum sepenuhnya rampung, namun sebagian ruas tol dipastikan bisa dilalui saat momentum mudik lebaran 2017.

"Kalau tol Trans Jawa yang bisa dipakai mudik fungsional itu dari arah Cikampek sampai dengan Ngaliyan Kota Semarang," kata Basuki disela tinjauan tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Jumat, 17 Februari 2017.

Khusus untuk tol Semarang-Solo, utamanya pada seksi III Bawen-Salatiga, saat mudik nanti sudah dapat digunakan, meski masih tahap bisa dioperasikan. Ruas tol sepanjang 17,60 kilometer itu pembangunannya telah mencapai 99,9 persen. Sisa pembangunan ruas ini tinggal menyelesaikan tahap akhir jembatan Kali Tuntang.
 
Selain itu, ruas tol Solo-Ngawi-Sragen juga dipastikan fungsional bisa dilalui dalam rangka mudik nanti. Ruas ini penting untuk menghindari kemacetan di kota Solo.

"Jadi (saat mudik nanti) mobil nggak usah masuk Solo tapi Kartosuro langsung Sragen dan Ngawi. Ruas itu pengerjaanya sudah 93 persen lebih," kata Basuki.

Basuki pun mengklaim untuk pembebasan lahan tol Semarang-Solo kini sebagian besar telah teratasi. Kebanyakan, pembebasan lahan sudah mencapai 97 hingga 100 persen dan hanya tinggal konstruksi.

"Bisa kita lihat di papan panel, Solo-Kertosono atau Salatiga-Kartosuro sudah 97 persen lebih lahan dibebaskan. Ada juga yang 100 persen," ucapnya.

Ia mengakui, penyelesaian pembebasan lahan karena banyak terobosan yang dilakukan pemerintah. Salah satunya terbitnya Undang-Undang baru hingga izin Menteri Keuangan untuk menggunakan dana talangan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).  

"Itu mempercepat pembebasan lahan. Jadi Insya Allah target 2018 tol Trans Jawa bisa tersambung," katanya didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP