TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah Diperalat Agen Eropa

Pernyataan itu disampaikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah Diperalat Agen Eropa
Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat bersama para personel polisi yang ditugaskan untuk Misi Perdamaian PBB. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian meyakini perempuan Indonesia bernama Siti Aisyah yang diduga terlibat kasus pembunuhan terhadap Jim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, hanyalah orang yang diperalat.

"Siti Aisyah diperalat oleh agen Eropa sebagai eksekutor pembunuhan (Kim Jong Nam)," kata Tito di Universitas Syiah Kuala Aceh, Jumat, 17 Februari 2017.

Menurut Tito, Siti Aisyah bisa jadi tidak menyadari bahwa dirinya telah diperalat untuk membunuh saudara tiri pemimpin besar Korea Utara Kim Jong Nam. "Wanita itu tidak sadar," kata Tito.

Nama Siti Aisyah, sebelumnya mendadak muncul setelah Kepolisian Diraja Malaysia melaporkan telah menangkap seorang perempuan yang terkait dengan aksi pembunuhan Kim Jong Nam, saudara tiri dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, pada Senin, 13 Februari 2017.

Perempuan itu diketahui memiliki paspor Indonesia dan bernama Siti Aishah (25 tahun) berasal dari Serang, Banten. Ia tertangkap kamera pengawas (CCTV) saat berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur pascapembunuhan.

Hingga kini, penyelidikan atas dugaan pembunuhan itu masih didalami otoritas setempat. Indonesia pun masih menunggu permintaan Malaysia untuk membantu proses penyelidikan.

Muhammad Fadly/Aceh

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP