Polisi Siap Telusuri Isu Peretasan Website KPU

Ilustrasi-teroris siber.
Sumber :
  • Pixabay/Tigerlily

VIVA.co.id – Kepolisian Republik Indonesia mengaku belum mengetahui ada kabar soal peretasan laman resmi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) oleh hacker.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Meski begitu, jika memang ada dan dilaporkan, kepolisian memastikan akan menindaklanjutinya. "Oh lapor segera, laporkan. Saya baru dengar hari ini. Tolong lapor segera," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar, Kamis, 16 Februari 2017.

Menurut Boy, dengan dilaporkan, maka kepolisian dapat menelusuri dan apakah benar memang ada pelanggaran pidana. "Kan biar segera diusut. Kasih tahu dong kalo ada pelanggaran hukum," katanya.

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

Sebelumnya, KPU membenarkan hal tersebut. Namun, saat ini sudah bisa diatasi. Dalam informasi yang beredar, peretas tersebut akan melakukan serangan dengan mengirimkan jutaan traffic dalam hitungan menit. "Sudah bisa diatasi," kata Ketua KPU RI Juri Ardiantoro.

Diketahui, saat ini KPU tengah melakukan hitung riil (real count) untuk Pilkada Serentak 2017. Form C1 tiap daerah akan diunggah ke laman resmi KPU https://pilkada2017.kpu.go.id/.  Masyarakat dapat memantau langsung perkembangan suara masing-masing daerah di laman tersebut.

Usai Sidang Perdana Sengketa Pemilu Kubu Amin, Ketua KPU Bilang Begini
Ganjar Pranowo-Mahfud MD Sidang Perselisihan Pilpres 2024

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Tim hukum Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, tidak terima jika gugatan pihaknya terkait sengketa Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi atau MK disebut salah alamat oleh KPU

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024