Pilkada Aman, Kapolri: Masyarakat Lebih Dewasa Berdemokrasi

Konferensi pers Pilkada serentak 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan Pilkada serentak 2017 telah berjalan aman dan damai. Suksesnya pilkada di 101 daerah tersebut berkat kerja sama berbagai pihak yang terlibat.

Tengok Cara Kapolri Ciptakan Iklim Investasi Kondusif

"Saya kira hal ini juga berkat dari kerja sama semua pihak, terutama masyarakat sendiri yang telah lebih dewasa dalam berdemokrasi," kata Tito di Mapolres Metro Tangerang Kota, Kamis 16 Februari 2017.

Ia menuturkan, suksesnya pilkada berkat kedewasaan partai politik serta para pendukung. Tito pun menyebut peran serta KPU dan Bawaslu serta TNI. "Ini sekali lagi kami bersyukur sampai hari ini saya selaku Kapolri belum terima laporan kewilayahan ada insiden yang signifikan, tidak ada," ujarnya.

Kapolri Perintahkan Jajaran Bayar dan Laporkan Pajak

Berdasarkan laporan, menurut Tito, ada beberapa daerah yang mengalami keterlambatan dalam melaksanakan pilkada. Namun, hal itu karena faktor geografis dan alam.

"Ada beberapa wilayah yang memang belum sempat dilaksanakan pemungutan suara di beberapa tempat desa-desa terpencil, terutama seperti Papua karena geografi pegunungan tidak ada jalan dipanggul oleh anggota Polri, TNI, linmas untuk mencapai desa tersebut," katanya.

Kapolri Beberkan Modal Kawal Kebijakan Nasional ke Anggota TNI-Polri

Selain itu, menurut mantan Kapolda Metro Jaya itu, ada lagi di daerah Sangi, Sulawesi Utara terlambat karena ombaknya besar. "Hari ini kalau tidak salah tanggal 16 dilaksanakan pemungutan suara di beberapa tempat terpencil. Tapi sampai hari ini sekali lagi kami bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena tidak ada insiden yang berarti," kata Tito. (ren)
 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Anggota Brimob, Ingat Baik-baik Pesan Kapolri Ini

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi membuka rapat kerja teknis (rakernis) Korps Brimob Polri tahun 2022.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022