Warga Aceh Trauma akibat Gempa Kamis Dini Hari

Ilustrasi gempa Aceh.
Sumber :
  • BMKG

VIVA.co.id - Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter kembali mengguncang Aceh pada Kamis dini hari, 16 Februari 2016. Warga panik dan berhamburan keluar rumah.

BMKG Perbaharui Kekuatan Gempa Bali 5,6 Skala Richter

Dilansir situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 02.59 WIB dan berpusat di 9 kilometer barat laut Kabupaten Pidie Jaya. Kedalaman gempa pada 12 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Namun, gempa itu kembali mengingatkan warga Aceh pada peristiwa serupa Desember 2016. Saat itu, Kabupaten Pidie Jaya diguncang gempa berkekuatan 6,4 skala Richter saat subuh dan menyebabkan kerusakan cukup parah hingga merenggut korban jiwa.

Bali Diguncang Gempa 6,4 Skala Richter

"Semua takut. Orang-orang di sini pada lari keluar rumah. Kami masih trauma dengan gempa yang lalu," ujar Alfiatunnisa, warga Meureudu, Pidie Jaya, kepada VIVA.co.id.

Gempa itu, katanya, mirip gempa-gempa susulan yang terjadi pada Desember 2016. Guncangan gempa cukup terasa di kawasan itu dan membuat panik warga. 

Dua Rumah Warga Garut Terdampak Gempa Tasikmalaya

Gempa Kamis dini hari, katanya, terasa dua kali. “Pertama sekitar tiga detik lalu semenit kemudian terasa lagi, agak lebih kuat dari sebelumnya, tapi cuma satu atau dua detik," katanya.

Namun, tidak semua warga Pidie Jaya keluar rumah. Sebab, gempa terjadi dini hari saat semua warga masih terlelap tidur. "Tapi kayaknya semua aman, baik-baik saja," kata Alfiatunnisa. (art)

Seismograf, alat pencatat pergerakan gempa bumi

Dampak Gempa Bali, Sejumlah Bangunan Rusak Ringan

Pulau Bali diguncang gempa berkekuatan 5,6 SR

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2017