Dua Cagub Banten Saling Klaim Kemenangan di Pilkada

Cagub-cawagub Banten
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Kubu pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten nomor urut dua, Rano Karno-Embay Mulya Syarief, angkat bicara terkait hasil hitung cepat atau quick count tiga lembaga survei yang menyatakan pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumi unggul tipis di Pilkada Banten 2017.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Ketua tim pemenangan Rano-Embay, Ahmad Basarah mengakui dari 7 lembaga survei yang terdaftar di KPU untuk melakukan hitung cepat di Pilkada Banten 2017, ada dua lembaga survei yang merilis hasil hitung cepat dengan selisih di bawah 1 persen dengan tingkat margin of error 1 persen.

"Dengan perolehan (selisih suara) dibawah 1 persen membuat lembaga ini tidak berani men-declare siapa yang menang dan kalah," kata Basarah dalam konferensi di posko pemenangan Rano-Embay di Kawasan Modernland, Kota Tangerang, Rabu 15 Februari 2017.

Disebut Mau Ikut Pilkada Lagi, Rano Karno: Saya Tegaskan Tidak

Rano-Embay kata Basarah, tetap mengikuti proses penghitungan yang dilakukan lembaga lain, seperti BSPN dan hasil real count oleh lembaga yang memiliki otoritas menghitung secara manual, yakni KPU.

Namun, berdasarkan hasil penghitungan manual sementara KPU dari data yang masuk berjumlah 65 persen, kubu Rano-Embay mengklaim justru mampu mengungguli pasangan nomor urut 1 Wahidin-Andika.
 
"Dimana hasil penghitungan KPU menyebutkan nomor urut satu 40,86 persen (3.429), nomor urut dua 59,42 persen (4.966)," ujar politikus PDIP ini.
 
Sebelumnya, Calon Gubernur Banten nomor urut 1, Wahidin Halim mengklaim kemenangannya di Pilkada Banten 2017 berdasarkan penghitungan cepat atau quick count yang dilakukan lembaga survei. Wahidin bersama pasangannya Andika Hazrumi mengaku mengantongi 50 sampai 51 persen suara.

Adik Ratu Atut Akui Ada Perjanjian Jatah Jabatan Wabup Serang

Ada tiga lembaga survei politik yang menyelenggarakan hitung cepat yang menjadi acuan Wahidin adalah Indo Barometer yang mengantongi 50,64 persen untuk Wahidin-Andika, sementara pasangan nomor urut 2 Rano Karno dan Embay Mulya Syarif mengantongi 49,36 persen.

Kemudian Inews Research Wahidin Halim-Andika Azrumi mengantongi suara 51,9 persen, lawannya mengantongi 48,1 persen. Dan, Indikator Politik menyatakan Wahidin-Andika unggul diangka 50,05 persen sementara Rano Karno dan Embay mengantongi 49,95 persen.

"Dengan hasil ini, saya mengatakan pasangan calon WH-Andika memenangkan Pilkada Banten," kata Wahidin Halim di posko pemenangannya, di Tangerang, Rabu, 15 Februari 2017. Simak hasil quick count Pilkada Banten 2017 di tautan ini.

(ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya