Sa'duddin-Ahmad Dhani Kalah di Quick Count

Sa'duddin dan Ahmad Dhani
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA.co.id – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bekasi, Neneng Hasana Yasin-Eka Supriatmaja, unggul dalam penghitungan cepat Jaringan Survei Indonesia, Rabu, 15 Februari 2017. Pasangan nomor urut 5 itu meraih suara 43 persen. 

Keluarga Korban KM Sinar Bangun Bisa Coblos di TPS Tigaras

"Hasil penghitungan cepat kami, pasangan Neneng-Eka unggul 43 persen, mengalahkan empat pasangan lainnya," kata Koordinator JSI, Adyaksa Norman, di Bekasi, Rabu, 15 Februari 2017.

Di tempat kedua, pasangan Sa'duddin-Ahmad Dhani sebesar 25.9 persen, Obon Tabroni-Bambang 16.01 persen, Meiliana Kadir-Abdul Kholik 9,16 persen, dan Iin Farihin-Mahmud 0.71 persen. 

Kasus Ijazah Palsu Bayangi Pilkada Bekasi

"Penghitungan cepat ini menggunakan metode multistage random sampling atau sistem acak dengan plus minus 1 persen," kata Norman.

Norman menambahkan, survei cepat ini melibatkan 230 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 23 kecamatan. "Setiap hasil TPS yang terpilih melakukan pelaporan hasil penghitungan suara," ucapnya.

Mendagri Tjahjo Tegaskan Isu Sara Racun Demokrasi

Menurut Norman, tingkat akurasi jumlah suara sangat besar. Pasalnya, suara yang masuk hingga Rabu sore sudah mencapai 96,52 persen. "Tapi untuk tingkat partisipasi pemilih sebanyak 56,7 persen," katanya.

Indikator tingginya pemilih Neneng-Eka, kata Norman, karena masih banyak warga Kabupaten Bekasi yang puas hasil kerja keras Neneng selama menjadi Bupati Bekasi. "Tingkat kesukaannya masih besar, jadi mereka puas dan mau memilih kembali," ujar Norman.

Meski begitu, hasil resmi masih menunggu keputusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi. "Hasil penghitungan kami tidak jauh dengan hasil KPUD nanti. Karena kami pernah membuktikan di daerah lain," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya