Pilkada DKI 2017

Kapolri: Pilkada Serentak Aman Terkendali

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Sumber :
  • VIVA/Danardono

VIVA.co.id – Kepolisian Republik Indonesia menyatakan, hingga siang ini secara keseluruhan pelaksanaan Pilkada di 101 wilayah di Indonesia berjalan dengan aman tanpa ada gangguan.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

"Saya dapat laporan dari seluruh Kapolda di Indonesia semua relatif aman. Aman terkendali," kata Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian di TPS 03, Kelurahan Pulo, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Februari 2017.

Menurut Tito, memang ada beberapa masalah di daerah hingga Pilkada belum bisa terlaksana. Penyebabnya, surat suara yang belum terdistribusikan ke TPS.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

"Ada di Papua di Kabupaten Duga di pegunungan. Kemudian di daerah Kepulauan di daerah Sangir Pelaut karena ombak besar. Ada beberapa tempat yang harus dipanggul petugas KPU maupun anggota polisi TNI sampai sana harus dipanggul jalan kaki. Tapi untuk situasi keamanan sampai dengan jam ini relatif aman Insya Allah kita doakan aman," ujarnya.

Tito menuturkan, walaupun mengalami keterlambatan untuk pemungutan suara tetap akan dilakukan pada hari ini juga. "Biasanya akan menyusul. Panwaslu, KPU para parpol terkait akan menyusul tapi diselesaikan hari ini juga," ujarnya.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

Untuk Pilkada di daerah Aceh, memang ada beberapa tindakan intimidasi. Namun dirinya sudah menambah pasukan.

"Memang ada beberapa intimidasi tapi sudah ditambah pasukan. Semalam saya telepon Kapolda Sumatera Utara ditambah dua kompi khusus di Aceh Tenggara," katanya.

Total, kata Tito, sebanyak 325 ribu personel baik Polri, TNI dan Linmas disiapkan dalam Pilkada serentak ini.

"Total kekuatan seluruh Indonesia 325 ribu. Ada 150 Polri dan TNI 15 ribu sisanya 200 ribuan Linmas. Khusus Jakarta sendiri 70 ribu tapi kita punya pasukan cadangan Polri maupun TNI yang ketika terjadi apa-apa siap kita turunkan. Tapi sejauh ini aman saja," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya