Banyak TPS Pilkada di Sejumlah Daerah Kebanjiran

Banjir yang merendam wilayah Pati Jawa Tengah baru-baru ini. Sebanyak 25 desa dilaporkan terendam air.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

VIVA.co.id – Hujan deras yang berakibat banjir membuat repot penyelenggara Pilkada di beberapa daerah. Ini karena banyak Tempat Pemungutan Suara yang kebanjiran sehingga tidak mungkin dipaksakan untuk digunakan pada hari pencoblosan 15 Februari mendatang.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Banten termasuk provinsi yang bermasalah dengan banjir jelang Pilkada. Sedikitnya sepuluh TPS di Kabupaten Lebak terpaksa dipindahkan lantaran bencana banjir yang merendam wilayah itu sejak sepekan terakhir.

"Supaya tidak mengganggu proses pemilihan," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah Banten, Syaiful Bahri, Senin 13 Februari 2017.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Kondisi serupa juga terjadi di Kabupaten Pandeglang. Wilayah yang juga terkena banjir ini, sejumlah TPS-nya juga bermasalah. "Kalau lokasinya masih tidak memungkinkan, segera paling lambat besok dicari paling memungkinkan," kata Syaiful.

Belum Sampai

Usai Sidang Perdana Sengketa Pemilu Kubu Amin, Ketua KPU Bilang Begini

Sementara itu, di Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah, cuaca buruk membuat pengiriman logistik Pilkada menjadi terhambat. Namun, kondisi itu masih tetap dilalui. Pada Sabtu, 11 Februari, seluruh logistik Pilkada telah terdistribusi ke Karimunjawa.

"Dengan keterbatasan prasarana yang ada, kita sudah kirim logistik di Karimunjawa," kata Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo.

Terkait dengan TPS yang terkena banjir, Purnomo mengaku kondisi itu ditemui di tiga kecamatan. Satu di antaranya bahkan harus direlokasi.

"Di Kabupaten Pati akan kami relokasi TPS ke pengungsian atau memfasilitasi antar jemput dari pengungsian ke TPS terdekat," kata Purnomo. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya