Pilkada Serentak 2017

Puluhan TPS di Pati Jawa Tengah Rusak Terendam Banjir

Banjir yang merendam wilayah Pati Jawa Tengah baru-baru ini. Sebanyak 25 desa dilaporkan terendam air.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

VIVA.co.id – Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terendam banjir jelang pelaksanaan Pilkada Serentak, 15 Februari 2017. Sejumlah TPS tersebut terpaksa direlokasi ke tempat aman oleh petugas Komisi Pemilihan Umum daerah setempat.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap
Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, sejumlah TPS yang terendam banjir di Kabupaten Pati berada di tiga kecamatan. Jumlah TPS yang terkena banjir mencapai puluhan.
 
Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten
"Yang jelas ada tiga kecamatan, jumlah TPS nya puluhan, " kata Joko, Senin, 13 Februari 2017. 
 
Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test
Banjir di Kabupaten Pati, kata Joko, terjadi akibat hujan lebat yang terus menerus di wilayah Pantai Utara itu. Selain mengganggu jalannya pencoblosan pada 15 Februari nanti, banjir dipastikan akan memperlambat proses perhitungan suara tahap akhir.
 
"Paling tidak kami harus meningkatkan koordinasi dengan petugas KPU Pati serta minta dukungan kepada forum komunikasi pimpinan daerah setempat, biar masalah ini selesai," katanya.
 
Saat ini, petugas KPU harus bersusah payah mencari lokasi aman untuk mendirikan TPS baru. Mantan Ketua KPU Wonogiri itu berkomitmen bahwa banjir yang menerjang Pati tak boleh menghanguskan hak pilih tiap warga negara. Sehingga dirinya harus menerapkan mekanisme yang tepat agar tetap ada TPS
 
"Jelas akan kami relokasi TPS ke pengungsian atau memfasilitasi antar jemput dari pengungsian ke TPS terdekat," ujarnya. (ren)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya