Gempa Bali Tak Berpotensi Tsunami

Turis menyaksikan matahari terbit di kawasan wisata Pantai Sanur, Bali.
Sumber :
  • REUTERS/Agung Parameswara

VIVA.co.id – Bali diguncang gempa. Gempa terjadi pukul 12.25 WITA itu berkekuatan 5,2 Skala Richter. Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, M Taufik Gunawan menekankan bahwa  gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG Perbaharui Kekuatan Gempa Bali 5,6 Skala Richter

"Gempa dengan episenter terletak pada koordinat 9.73 Lintang Selatan dan 115.62 Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer," kata M Taufik di Bali, Minggu 12 Februari 2017.

Kekuatan gempa hampir dirasakan oleh seluruh warga Bali di antaranya di Kawasan Kuta, Nusa Dua, Tabanan dan Denpasar.

Bali Diguncang Gempa 6,4 Skala Richter

"Peta tingkat guncangan atau shake map BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berupa guncangan kuat dirasakan hampir di seluruh wilayah Pulau Bali bagian selatan. Di daerah ini guncangan dirasakan kuat oleh banyak orang," ujarnya.

Hingga kini, Taufik mengonfirmasi belum ada kerusakan dan korban jiwa imbas dari guncangan gempa."Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa hingga saat ini. Sampai dengan saat ini juga belum terjadi gempa bumi susulan yang tercatat," lanjutnya.

Dua Rumah Warga Garut Terdampak Gempa Tasikmalaya

Ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Khusus bagi masyarakat di pesisir, diimbau agar tak terpancing isu tsunami. "Gempa tak berpotensi tsunami. Masyarakat kami imbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG," kata Taufik.

Seismograf, alat pencatat pergerakan gempa bumi

Dampak Gempa Bali, Sejumlah Bangunan Rusak Ringan

Pulau Bali diguncang gempa berkekuatan 5,6 SR

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2017