Anggaran Persiapan Pilkada Serentak Masih Kurang 500 Miliar

Ketua KPU, Arief Budiman (kanan), melakukan simulasi pemungutan suara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath.

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan bahwa persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 hampir mencapai 100 persen.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Komisioner KPU, Arief Budiman, mengungkapkan persiapan itu seperti kesiapan logistik yang berupa surat suara dan perlengkapan TPS, personel dan anggaran gelaran pesta demokrasi tingkat lokal nanti. "Persiapan hampir 100 persen meski anggaran masih kurang. Namun, perlu peran pemerintah untuk mendorong anggaran agar bisa dilakukan segera," kata Arief di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 11 Februari 2017.

Dia menambahkan pihaknya telah mendistribusikan kebutuhan logistik sebanyak 101 daerah yang melakukan pilkada serentak. Pendistribusian diutamakan ke beberapa daerah yang sulit dijangkau.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

"Kami mulai memonitoring kebutuhan logistik, sudah siap sampai tingkat TPS hasilnya sudah selesai. Seluruh pengepakan logistik ke kecamatan terutama daerah jauh sudah mulai dilakukan," ungkap Arief.

Terkait pengawasan dan pengamanan pelaksanaan jelang pemungutan suara 15 Februari mendatang dia menyerahkan sepenuhnya kepada Bawaslu dan Polri. KPU lanjut dia, mengawasi seluruh persiapan telah dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Pemilu Serentak 2024 Kemungkinan Ditunda

“Kami mengharapkan pemerintah segera mengirim dana kekurangan untuk melaksanakan Pilkada serentak. Perencanaan anggaran Rp4,3 triliun, sampai hari ini tersisa Rp500 miliar. Ini bisa jadi kesulitan buat kami," katanya. (ren)

Mendagri ?Tito Karnavian di Medan, Sumut, Jumat, 3 Juli 2020.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Pilkada serentak ini harus mengikuti protokol kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2020