Identitas 7 Korban Tewas akibat Longsor di Bali

Bencana tanah longsor terjadi di Desa Songan, Kecamatan kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, pada pukul 23.00 WITA, Kamis, 9 Februari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id - Bencana tanah longsor terjadi di Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, pada pukul 23.00 WITA, Kamis, 9 Februari 2017. Longsor akibat hujan deras dan lama sejak Kamis malam itu merusak lima rumah warga. Tujuh orang dilaporkan tewas dan empat warga luka berat hingga luka ringan.

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangli bersama Tim SAR Denpasar, BPBD Bali, PMI, TNI, Polri, relawan dan dibantu warga melakukan evakuasi dan penanganan kedaruratan. Semua korban sudah dievakuasi.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Bangli, I Wayan Darmawan, hingga Jumat pagi, Tim SAR mengevakuasi tujuh korban tewas dan empat korban luka.

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

Identitas ketujuh korban meninggal dunia:

1. Jro Balian Resmi (perempuan, 33 tahun)
2. Jro Balian Kadek Sriasih (perempuan, 7 tahun)
3. Komang Agus Putra Santi (laki-laki, 1 tahun)
4. I Gede Sentana (laki-laki, 40 tahun)
5. Luh Bunga (perempuan, 40 tahun)
6. Kadek (perempuan, 20 tahun)
7. Ni Luh Susun (perempuan, 40 tahun)

Lebih dari 13.000 Orang Dievakuasi di Kazakhstan karena Banjir

Identitas korban luka:

1. Budi (laki-laki, 17 tahun)
2. Komang (perempuan, 14 tahun)
3. Kadek Ardi (laki-laki, 9 tahun)
4. Jro Alep (perempuan, 30 tahun)

Banjir

Bencana juga terjadi di beberapa wilayah lain di Bali. Di Tukad Ling, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, banjir bandang menutup akses jalan raya dan rumah warga serta menghanyutkan beberapa sepeda motor.

Bencana longsor serupa di Bangli terjadi di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukada, Kabupaten Buleleng; dan di kawasan wisata Bedugul serta Baturiti, Kabupaten Tabanan. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, tapi arus lalu lintas terputus di Bedugul dan Baturiti.

Hujan ekstrem

Hujan ekstrem dengan intensitas 145 milimeter per hari mengguyur Kabupaten Karangasem pada Rabu, 8 Februari 2017.

BMKG Bali melaporkan ada tekanan rendah 984 mb di Australia Barat yang berdampak signifikan menyebabkan aliran massa udara di seluruh Indonesia didominasi angin barat yang bersifat basah. Suhu muka air laut di sekitar Bali masih hangat sekira 28 derajat celcius, yang berkontribusi bagi pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar Bali.

BMKG memprakirakan hujan deras dan lama mengguyur wilayah Bangli, Jembrana, Buleleng, Tabanan, Gianyar, dan Badung hingga Sabtu, 11 Februari 2017. Masyarakat diimbau selalu waspada musibah longsor, banjir, dan puting beliung. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya