Gempa 5,2 SR Guncang Jayapura

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala richter (SR) terjadi di Timur Laut Jayapura, Papua, Kamis, 9 Februari 2017 pagi.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Harry Tirto Djatmiko menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 09.21.51 WIB. "Pusat gempa di laut, 25 km Timur Laut Jayapura-Papua dengan kedalaman 10 kilometer," ujarnya dalam pesan singkat, Kamis, 9 Februari 2017.

Dari analisa BMKG, gempa yang berpusat di laut tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. "Gempa ini tidak berpotensi tsunami," katanya. 

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 3,5 skala richter terjadi di Kota Sorong Papua Barat, Jumat dinihari, 3 Februari 2017.

Gempa yang berpusat di laut dengan kedalaman 13 kilometer ini terjadi di jarak 11 kilometer barat laut Kota Sorong. Laporan BMKG menyebutkan, tidak ada kerusakan akibat bencana ini. Potensi tsunami juga tidak ada. (ase)
 

Terpopuler: Bobby Nasution Tutup Klub Malam, TNI Tangkap Anggota KKB hingga Viral Pelaku Terorisme
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Bahlil Lahadalia merespons tudingan dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. Ia dituding tak netral dengan mendampingi Gibran Rakabuming Raka ke Papua.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024