Istri Petinggi ISIS asal Indonesia Diamankan Densus 88

Bahrumsyah, pendiri Katibah Nusantara di Suriah.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Seorang perempuan ikut diamankan dari 17 warga negara Indonesia yang dipulangkan otoritas Turki pada 21 Januari 2017. Perempuan itu ternyata istri ketiga dari seorang petinggi ISIS asal Indonesia, Bahrumsyah.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Bahrumsyah diketahui merupakan salah satu pentolan Katibah Nusantara, yakni sebuah wadah yang menampung orang asal Indonesia, Malaysia atau Filipina untuk bergabung dengan ISIS di Suriah.

"Yang di Bambu Apus itu inisial NK, kalau enggak salah namanya Nia Kurniati. Itu istri daripada Bahrumsyah. Dia memang seorang janda diperistri oleh Bahrumsyah," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto, Selasa, 7 Februari 2017.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Di kalangan kelompok pro ISIS, Bahrumsyah dikenal sebagai pria pemilik nama Abu Muhammad Al Indonesi. Ia pernah mengunggah video youtube untuk mengajak orang Indonesia berpartisipasi ke ISIS pada tahun 2014. 

Rikwanto menyebut, terungkapnya sosok istri ketiga dari Bahrumsyah itu dari pengamanan terhadap 17 WNI yang dipulangkan oleh otoritas Turki pada akhir Januari lalu.

Ajang World Water Forum di Bali, BNPT Ikut Dilibatkan untuk Cegah Terorisme

Namun demikian, dari pemeriksaan sementara ini tidak ada bukti keterlibatan mereka dalam melakukan tindak pidana terorisme. "Setelah pemeriksaan oleh Densus di Kelapa Dua, tidak ditemukan unsur-unsur dia telah melakukan terorisme," ujarnya.

Kini, kepolisian terus mendalami dugaan jaringan sel teroris yang digawangi oleh Bahrumsyah di Indonesia. "Sedang didalami," katanya. (ase)

Presiden Iran, Ebrahim Raisi (tengah).

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, tiba di Islamabad pada hari Senin, 22 April 2024 untuk kunjungan resmi selama tiga hari. Iran dan Pakistan sedang berupaya baiki hubungan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024