TNI Siap Backup Polri Amankan Pilkada 2017

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo (tengah).
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan, pihaknya siap mengamankan gelaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah  2017 serentak yang digelar di 101 daerah.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"TNI sudah menyiapkan pasukannya, kapan diminta Kepolisian kami siap," ujar Gatot di DPR RI, Jakarta, Senin, 6 Februari 2017.

Ia pun menyanggupi, berapa pun jumlah pasukan TNI yang diminta untuk membantu Polisi mengamankan pilkada, akan disiapkan. "(Jumlahnya) tanya sama Kepolisian, berapa yang diminta saya siapkan," tegas Gatot.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Soal pengamanan daerah yang rawan di pilkada kali ini, seperti Provinsi DKI Jakarta, Nangroe Aceh Darussalam, dan Papua, pengamanannya akan disesuaikan daerah masing-masing.

"Jadi permintaannya bervariasi. Saya tidak bisa menyebutkan semua jumlahnya seluruh Indonesia. Kami penuhi semua yang diminta Kepolisian RI," kata dia.

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

Menurut Gatot, pihaknya juga sudah menyiapkan pasukan cadangan, bila dibutuhkan sewaktu-waktu untuk mengamankan gelaran pesta demokrasi tersebut.

"Polisi yang memetakan saya yang menyiapkan pasukannya dan saya masih menyiapkan cadangan (pasukan) standby," kata Gatot.

Seperti diketahui, sebanyak  72.023 personel keamanan baik Polri dan TNI disiagakan untuk mengamankan Pilkada Serentak 2017. Rinciannya, 38.263 personel untuk Pilkada Provinsi dan 33.750 personel untuk pilkada kabupaten/kota. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya