TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Uang Korupsi di Sulawesi Selatan Capai Rp95,7 Miliar

Sektor kesehatan, pertanian dan pendidikan terbanyak dikorupsi
Uang Korupsi di Sulawesi Selatan Capai Rp95,7 Miliar
Demonstrasi anti-korupsi di Jakarta beberapa waktu silam.  (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVA.co.id – Sepanjang tahun 2016, total kerugian negara akibat tindak pidana korupsi di Provinsi Sulawesi Selatan mencapai Rp95,7 miliar. Terdapat tiga sektor utama yang kerap diselewengkan, yakni, kesehatan, pertanian dan pendidikan.

"Sektor kesehatan sebesar Rp11,7 miliar, pertanian Rp2,2 miliar dan pendidikan Rp1,9 miliar," ujar Direktur Komite Pemantau Legislatif Sulawesi Selatan, Musaddaq, Senin 6 Februari 2017.

Menurut lembaga yang juga berfokus pada kasus korupsi ini, ketiga sektor tersebut menjadi lahan basah koruptor. Itu lantaran alokasi anggarannya yang memang besar – baik dari APBD maupun APBN.

Korupsi di sektor kesehatan, lanjut Mussadaq, dirincikannya seperti pengadaan alat kesehatan, penyalahgunaan anggaran BPJS, dan lain sebagainya. Lalu, di sektor pertanian seperti penyalahgunaan anggaran bibit pertanian dan peternakan serta beberapa lainnya.

Lalu di sektor pendidikan, bentuknya seperti korupsi pembangunan infrastruktur pendidikan, dan lainnya. "Ini menjadi penyebab utama terjadinya korupsi karena pengawasan dari penegak hukum yang lemah," ujarnya. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP