Kesehatan Firza Husein di Tahanan Mako Brimob Menurun

Markas Korps Brimob di Kelapa Dua, Depok, tempat Firza Husein ditahan Polda Metro Jaya.
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Salah satu kuasa hukum tersangka dugaan makar Firza Husein, Dahlia Zein, membeberkan kondisi kesehatan kliennya yang saat ini berada di tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Kondisi Firza Husein semakin hari semakin memburuk.

Ditanya Kasus Dugaan Chat Mesum HRS Dibuka Lagi, Ini Jawaban Mahfud MD

"Klien kami saat ini di Rutan Mako Brimob drop banget karena ada penyempitan pembuluh darah dan jantung koroner," ujar Dahlia kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin 6 Februari 2017.

Dahlia mengatakan, kliennya masih akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan kesehatannya di Rutan Mako Brimob.

Kasus Chat Habib Rizieq Dibuka Lagi, FPI: Pengalihan Isu

"Waktu pertama diambil (ditangkap) itu Firza bilang tolong mampir dulu ke rumah sakit, saat itu hanya dikasih obat biasa saja sama dokter tanpa pemeriksaan lebih lanjut karena harus segera dibawa ke Mako Brimob," kata Dahlia.

Dahlia menambahkan, saat ditahan di Rutan Mako Brimob. Firza sempat dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara karena kondisi kesehatannya itu.

Menengok Lagi Hebohnya Kasus Chat Balada Cinta HRS-Firza Husein

Hingga saat ini tim kuasa hukum masih terus berupaya mengajukan penangguhan penahanan bagi Firza. Ia berharap polisi mengabulkan permohonan penangguhan penahanan kliennya itu.

"Sudah, sudah kami ajukan (Penangguhan penahanan) sudah kami beri ke Polda, lagi diproses. Mudah-mudahan penangguhan ini dikabulkan karena mengingat kondisi kesehatannya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan meminta kepala rutan Mako Brimob untuk mengizinkan kliennya menjalani perawatan kesehatan.

"Kami sedang upaya. Kami mau ke Mako Brimob karena kami mau menghadap ke kepala rutan untuk diizinkan perawatan. Sementara baru pulang dari RS Bhayangkara," ucapnya.

Seperti diketahui, Firza merupakan salah satu tersangka kasus dugaan pemufakatan makar. Dia ditangkap bersama 10 tokoh menjelang aksi demo 2 Desember 2016 lalu. Namun, polisi kembali melepas Firza setelah menjalani pemeriksaan. 

Untuk kedua kalinya, polisi kembali menjemput paksa Firza dikediamannya di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa 31 Januari 2017. Kali ini, Firza telah ditahan di Mako Brimob karena alasan tidak kooperatif. 

Firza juga tengah tersandung kasus soal dugaan penyebaran konten berbau pornografi yang diduga melibatkan Rizieq Shihab. Polisi juga telah menyita beberapa barang bukti seperti seprai, bantal dan televisi dari rumah Firza.

Status kasus ini telah ditingkat dari penyelidikan ke tahap penyidikan. Namun, belum ada tersangka dalam kasus ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya