Pendataan Ulama Tak Hanya di Jawa Timur

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar.
Sumber :
  • Viva.co.id/Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, pendataan para ulama yang dilakukan di Polda Jawa Timur, dimaksudkan untuk mendapatkan informasi yang akurat, terkait data ulama. Karena, saat ini, Polda Jawa Timur sedang mengedepankan program sinergitas ulama dan umara.

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Selain itu, Boy juga mengatakan, di Jawa Timur, terdapat banyak ulama yang kharismatik yang bisa saja luput dari undangan acara-acara antara Polri dengan masyarakat. Dengan adanya pendataan ini, diharapkan tidak ada ulama yang luput dari undangan tersebut.

"Sehingga, ketika ada acara-acara di Polda, berkaitan dengan hari besar keagamaan dalam rangka melaksanakan program sinergitas ulama dan umara, alamatnya (alamat ulama) ada. Intinya itu," kata Boy, di Divhumas Mabes Polri, Senin 6 Februari 2017

Rupanya Denny Caknan Konsultasi dengan Ulama Sebelum Nikahi Bella Bonita

Selain itu, pendataan juga berfungsi untuk mengetahui, apabila ada perubahan pergantian dari pengurus pondok pesantren yang ada di Jawa Timur. "Jadi, ini lebih kepada updating lagi," ujarnya

Nantinya, Boy mengatakan, pendataan terhadap ulama ini sebenarnya tidak hanya di Jawa Timur saja. Tetapi, juga akan digiatkan di seluruh Indonesia. Cuma di masing-masing daerah, polisi mempunyai caranya tersendiri.

Terungkap Sumber Ilmu Ramalan yang Dimiliki Jayabaya, Ternyata Berasal dari Ulama Ini

"Oh iya (se-Indonesia). masing-masing dalam cara mendata itu punya cara masing-masing, ada yang dari Polres-Polresnya melaporkan ada yang diminta Kapoldanya, hanya teknik saja," ujarnya. (asp)

KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha merupakan salah satu ulama yang dikenal sebagai ahli tafsir dan pakar Al Quran hingga mendapat julukan 'manusia Quran'.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024