Kapolri: Pilkada Aceh dan Jakarta Rawan Konflik

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut, ada dua daerah yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 15 Februari 2017 nanti, yang rawan konflik. Kedua daerah itu menjadi perhatian Polri untuk terus waspada dan meningkatkan keamanan.

Mendagri Tjahjo Tegaskan Isu Sara Racun Demokrasi

"Yang agak rawan itu, (Pilkada) Jakarta dan Aceh," ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada wartawan di Medan, Minggu, 5 Febuari 2017.

Selain Jakarta dan Aceh, Tito menyebut kerawanan pelaksanaan pilkada serentak juga berpotensi terjadi di wilayah Indonesia Timur. "Beberapa daerah di wilayah timur seperti di Papua juga," kata mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Cagub Sumut Demokrat JR Saragih-Ance Selian Mendaftar ke KPU

Guna mengantisipasi hal tersebut, Polri sudah melakukan penambahan kekuatan personel untuk melakukan pengamanan pilkada seperti di Jakarta, Aceh dan Papua. Penambahan personel Kepolisian berasal dari Brimob dengan dilengkapi persenjataan.

"Ini operasi kewilayahan. Tapi, mandiri dari kewilayahan. Jadi, kita minta wilayah silakan menilai masing-masing. Kalau perlu dukungan akan diberikan back up dari Satuan atas," ujar Tito.

Parpol Beda Ideologi Gabung, JK Anggap Tahun Politik Aman

Kapolri mengatakan, pihaknya akan terus memantau perkembangan situasi pilkada di sejumlah daerah rawan konflik itu. Adapun penambahan personel akan menyesuaikan situasi. "Iya ada penambahan. Tergantung dinamika, kalau kita anggap rawan kita tambah." (mus) 

Petugas Dalam Pencarian KM Sinar Bangun di Danau Toba

Keluarga Korban KM Sinar Bangun Bisa Coblos di TPS Tigaras

KPUD beri kemudahan bagi keluarga korban yang ingin nyoblos.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2018